Rohmansyah, Didik (2015) Peranan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Sikap Religius Remaja Dusun Grompol Tanjung Tani Prambon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110511-prabab.pdf Download (987kB) |
|
Text
932110511-bab1.pdf Download (378kB) |
|
Text
932110511-bab2.pdf Download (732kB) |
|
Text
932110511-bab3.pdf Download (302kB) |
|
Text
932110511-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text
932110511-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
Text
932110511-bab6.pdf Download (345kB) |
|
Text
932110511-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
Abstract
Kesempurnaan kehidupan Islami dalam diri manusia dapat dicari dan diambil mulai dari remaja, karena pada masa remaja banyak terjadi permasalahanpermasalahan duniawi yang semakin mudah untuk menjatuhkan mereka ke dalam jurang kenistaan. Maka diperlukan suatu tempat untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah lakunya sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam yang salah satunya adalah dilembaga pendidikan yang berupa pondok pesantren. Penelitian ini berfokus pada persoalan: Peran Pondok Pesantren dalam meningkatkan sikap religius remaja, yang kemudian dijabarkan ke dalam beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran Pondok Pesantren Fathul Mubtadi’in dalam meningkatkan sikap religius remaja dusun grompol tanjung tani prambon? (2) Apa faktor yang Pendukung dan Penghambat pondok pesantren Fathul Mubtadi’in dalam meningkatkan sikap religius remaja di dusun grompol? Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen, jenis penelitian yang dipakai adalah studi kasus, dengan demikian kehadiran peneliti dilapangan sangat penting dan diperlukan secara optimal. Lokasi penelitian ini terletak di Dusun Grompol Tanjung Tani Prambon dan adapun sumber data yang peneliti dapatkan berasal dari kepal pondok pesantren, pemuka masyarakat, kepala desa, remaja dusun Grompolri dan pihak lain yang membantu. Prosedur pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yang meliputi kegiatan pengurutan, pengorganisasian data, pemilahan menjadi satu-satuan tertentu, sintesis data pelaksanaan pola, penemuan hal-hal yang penting dan dipelajari serta penentuan apa yang harus dikemukakan kepada orang lain. Hasil Penelitian: Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menyimpulkan sebagai berikut: Pertama, peranan pondok Pesantren Fathul Mubtadi’in dalam meningkatkan sikap religius remaja dusun grompol yaitu sebagai lembaga pendidikan, lembaga keilmuan, dan lembaga pemberdayaan masyarakat. . Kedua, faktor pendukungnya ialah adanya tenaga pendidik yang berintelektual tinggi, adanya partisipasi dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya anggapan yang keliru dari masyarakat tentang pondok pesantren, kurangnya motivasi dan kesadaran dari orang tua Dari hasil penelitian ini disarankan, hendaknya pihak Orang tua lebih menekankan pentingnya belajar di pondok pesantren dan pentingnya dasar-dasar islami di diri para remaja sehingga akan lebih mudah terkontrol dan jauh dari pengaruh-pengaruh negatif dalam kehidupanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 09:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 09:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/987 |
Actions (login required)
View Item |