Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Mathematic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Di Kelas IV Semester 2 MI Miftahul Huda Ngreco Kediri

Yumsiska, Nuri Maulida (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Mathematic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Di Kelas IV Semester 2 MI Miftahul Huda Ngreco Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601919_prabab.pdf

Download (599kB)
[img] Text
932601919_bab1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
932601919_bab2.pdf

Download (558kB)
[img] Text
932601919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
932601919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932601919_bab5.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932601919_daftar_pustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932601919_sp.pdf

Download (393kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di MI Miftahul Huda Ngreco Kediri diketahui bahwa kurang maksimalnya dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan peserta didik kurang tertarik pada materi pembelajaran yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan hasil belajar rendah terutama pada pembelajaran matematika materi pecahan. Maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, validitas, dan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media pembelajaran monopoly mathematic (monomath) pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV di MI Miftahul Huda Ngreco Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek validasi pada penelitian ini yaitu 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran dan 4 peserta didik pada pengguna kelompok kecil dan 26 peserta didik pada pengguna kelompok besar. Sedangkan subjek uji coba pada penelitian ini yaitu terdiri dari 26 peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas IV B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media monomath melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Validitas media monomath dilihat dari hasil uji validasi ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran serta uji pengguna. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 75% dengan kategori valid, hasil validasi dari ahli materi mendapatkan presentase 92% dengan kategori sangat valid, hasil validasi dari ahli pembelajaran mendapatkan presentase 95% dengan kategori sangat valid Kemudian untuk uji pengguna kelompok kecil mendapatkan presentase 97,08% dengan kategori sangat valid dan pada uji pengguna kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 95,8% dengan kategori sangat valid. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan dengan menggunakan media monomath dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t test yang menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (3,822>2,010), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selain itu, didapatkan hasil rata-rata n�gain pada kelas eksperimen sebesar 0,5 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata n-gain sebesar 0,2 dengan kategori rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media monomath ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuri Maulida Yumsiska
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:43
Last Modified: 11 Sep 2023 08:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9856

Actions (login required)

View Item View Item