Fadlilah, Erina Nurul (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Toleransi Di Sekolah Menengah Atas 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108919__PRABAB.pdf Download (512kB) |
|
Text
932108919_BAB I.pdf Download (194kB) |
|
Text
932108919_BAB II.pdf Download (514kB) |
|
Text
932108919_BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
932108919_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
|
Text
932108919_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text
932108919_BAB VI.pdf Download (274kB) |
|
Text
932108919_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
|
Text
932108919_BAB LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932108919_surat pernyataan.pdf Download (120kB) |
Abstract
Strategi guru agama dalam membangun toleransi merupakan sikap menghargai perbedaan yang ada di masyarakat. SMAN 4 Kota Kediri merupakan sekolah yang sangat menjunjung tinggi toleransi hal ini berdasarkan adanya berbagai perbedaan. Di sekolah ini ada 7 siswa Papua yang mengikuti program beasiswa untuk mendapatkan pendidikan di Jawa. Bahkan dalam sesama agama Islam memiliki perbedaan dalam organisasi Islam antara lain NU, Muhammadiyah dan LDII. Selain itu terdapat siswa yang memiliki agama Kristen. Oleh karena itu, menjunjung nilai toleransi sangat dijaga, dirawat dan gaungkan meskipun di era saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk toleransi di SMAN 4 Kediri; 2) Problematika toleransi di SMAN 4 Kediri; 3) Strategi guru dalam membangun toleransi di SMAN 4 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah Kepala Sekolah SMAN 4 Kediri, Guru PAI, Guru PAK, siswa yang berasal dari Papua, siswa beragama Islam dan Kristen. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bentuk toleransi di SMAN 4 Kota Kediri sangat baik. Toleransi budaya, yang memiliki siswa Papua dengan perbedaan suku, budaya dan bahasa. Toleransi beragama yang memiliki kultur amaliyah yang berbeda. Dan toleransi antar agama Islam dengan Kristen; 2) Problematika toleransi budaya siswa mengalami culture shock yang kesulitan menerima perbedaan budaya. Toleransi beragama, mencolok kegiatan kegamaan yasinan dan sholat berjamaah. Toleransi antar umat beragama, tidak memiliki penghambat dalam bertoleran; 3) Strategi guru toleransi budaya melalui kegiatan pembinaan dapat mengembangkan kesadaran akan keragaman budaya. Toleransi beragama, melalui peran guru PAI dapat membentuk sikap toleransi serta mengurangi fanatisme terhadap kultur amaliyah yang dianut. Toleransi antar umat beragama, melalui peran guru PAK yang mengimplementasikan toleransi dengan baik dapat menjadikan contoh yang positif bagi masyarakat di SMAN 4 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Erina Nurul Fadlilah |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9836 |
Actions (login required)
View Item |