Penerapan Customer Relationship Management(CRM) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Perpustakaan Iain Kediri

'Azza, Nala Rohmatul (2023) Penerapan Customer Relationship Management(CRM) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Perpustakaan Iain Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932403519_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932403519_bab1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932403519_bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932403519_bab3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932403519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
932403519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
932403519_bab6.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932403519_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932403519_suratpernyataan.pdf

Download (428kB)

Abstract

Nala Rogmatul „Azza, 932403519, Pembimbing : Moh. Zainal Fanani, M. Pd. dan Puspoko Ponco Ratno, M.T. Penerapan Customer Realationship Management (CRM) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di Perpustakaan IAIN Kediri. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Penerapan Customer Relationship Management (CRM), Mutu Pelayanan Perpustakaan. Customer relationship management (CRM) adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara organisasi perpustakaan dengan pemustaka yang tujuannya meningkatkan nilai perpustakaan dimata para pemustakanya. Dalam Customer relationship management (CRM) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan, beberapa indikator yang terdapat dalam Customer Relationship Management (CRM) yaitu Sumber daya manusia (SDM), proses Customer Relationship Management (CRM) yang diaplikasikan perpustakaan dan teknologi yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakan IAIN Kediri dengan fokus penelitian : peranan SDM (people) dalam Customer relationship management (CRM) untuk meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan; proses (process) dalam Customer relationship management (CRM) untuk meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan; peranan teknologi (technology) dalam Customer relationship management (CRM) untuk meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan proses reduksi data, proses penyajian data, dan proses menarik kesimpulan/verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data dengan kriteria : keabsahan konstruk (konsep), keabsahan internal, keabsahan eksternal, dan keajegan. Hasil penelitian ini yaitu penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan IAIN Kediri adalah (1) peranan SDM dalam CRM di perpustakaan IAIN Kediri sudah cukup baik, meliputi dari cara perpustakaan mengerekrut staf atau pegawainya dan dari sikap staf atau pegawai perpustakaan dalam melayani, (2) proses dalam CRM di perpustakaan IAIN Kediri meliputi melakukan penyurveian secara rutin dalam bentuk pengumpulan judul buku atau judul ebook yang diadakan perpustakaan,melkuakan pengelompokan anggota perpustakaan, melakukan berbagai penyampaian informasi melalui media sosial yang dimiliki perpustakaan, dan sebagainya. (3) peranan teknologi dalam CRM di perpustakaan IAIN Kediri meliputi melakukan teknologi untuk membantu pelaksanaan tugas serta tujuan perpustakaan dan menggunakan sistem informasi manajemen perpustkaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nala Rohmatul 'Azza
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:17
Last Modified: 01 Sep 2023 08:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item View Item