Implementasi Kurikulum Ma'had Aly Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri

Aliyah, Ani Himmatul (2023) Implementasi Kurikulum Ma'had Aly Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501019_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (992kB)
[img] Text
21501019_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (434kB)
[img] Text
21501019_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (661kB)
[img] Text
21501019_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (651kB)
[img] Text
21501019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (648kB)
[img] Text
21501019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (427kB)
[img] Text
21501019_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (301kB)
[img] Text
21501019_16. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (147kB)
[img] Text
21501019_Suratpernyataan.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (307kB)

Abstract

ABSTRAK ANI HIMMATUL ALIYAH, 2023, Implementasi Kurikulum Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. 2. Prof. H. Fauzan Saleh, M.A,Ph.D. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Ma’had Aly, Pondok Pesantren Al-Falah Ploso. Ma’had Aly hadir untuk menjawab tantangan zaman, dimana Pendidikan pesantren dianggap kurang berkualitas dalam bersaing dengan lulusan atau sarjana dari Perguruan Tinggi Islam lainnya yang memiliki kualifikasi dan gelar akademik yang diakui oleh negara. Oleh karena itu, pada tahun 2015, Menteri Agama RI mengeluarkan Peraturan No.71 Th. 2015 tentang Ma’had Aly, sehingga lulusan Ma’had Aly telah memiliki payung hukum dan memperoleh gelar akademik. Dalam PMA tersebut juga disebutkan bahwa Ma’had Aly setara dengan lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam dan lembaga pendidikan tinggi umum. Tujuan dari penelitian ini, diantaranya: Untuk menjelaskan dan menganalis perencanaan kurikulum Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, untuk menjelaskan dan menganalis pelaksanaan kurikulum Ma’had Aly Pondok Pesantren AlFalah Ploso, untuk menjelaskan dan menganalis evaluasi kurikulum Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Falah Ploso. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Adapun studi kasus yang akan digali adalah entitas tunggal atau fenomena (kasus) dari suatu masa tertentu dan aktivitas (bisa berupa program, kejadian, proses, institusi, atau kelompok sosial), serta mengumpulkan detail informasi dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama kasus itu terjadi. Penelitian dilaksanakan di Ma’had Aly Pondok Pesantren al-Falah Ploso Kediri. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang diperoleh dari Kepala Ma’had Aly, Waka Kurikulum, Dosen dan staf dosen serta Mahasantri Ma’had Aly Pondok Pesantren al-Falah Ploso serta data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang terkait implementasi kurikulum Ma’had Aly. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian dianalisis dan dicek keabsahan datanya. Hasil dari penelitian antara lain: 1). Perencanaan kurikulum di Ma’had Aly di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso. 2). Pelaksanaan kurikulum di Ma’had Aly di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso yakni berupa waktu pelaksanaan, materi/bahan ajar yang digunakan, serta metode pembelajaran yang digunakan. 3). Evaluasi kurikulum di Ma’had Aly di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso yakni menggunakan evaluasi formatif (mengontrol keseharian mahasantri) dan evaluasi sumatif (ujian tes lisan dan tes tulis, serta membuat risalah penelitian).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANI HIMMATUL ALIYAH
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:38
Last Modified: 01 Sep 2023 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item View Item