Strategi Penanaman Nilai Karakter Religius Anak Di Lingkungan Eks-Lokalisasi (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Ash-Shobirin Guyangan Nganjuk)

Alimah, Zayyini Rusyda (2023) Strategi Penanaman Nilai Karakter Religius Anak Di Lingkungan Eks-Lokalisasi (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Ash-Shobirin Guyangan Nganjuk). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501036_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (742kB)
[img] Text
21501036_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (262kB)
[img] Text
21501036_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (424kB)
[img] Text
21501036_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (201kB)
[img] Text
21501036_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (1MB)
[img] Text
21501036_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (289kB)
[img] Text
21501036_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (121kB)
[img] Text
21501036_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (191kB)
[img] Text
21501036_pernyataanpublikasi.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2024.

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK ZAYYINI RUSYDA ALIMAH, 2023. Strategi Penanaman Nilai Karakter Religius Anak di Lingkungan Eks-Lokalisasi (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Ash-Shobirin Guyangan Nganjuk), Pascasarjana, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. (2) Dr. H. Muniron, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Karakter Religius Pendidikan karakter religius merupakan hal yang mutlak bagi pembentukan generasi muslim yang taat pada Allah dan berakhlak mulia. Munculnya permasalahan seputar krisis akhlak dan karakter religius pada generasi muslim pada saat sekarang ini membuat kita menyadari bahwa keadaan lingkungan masyarakat kita juga semakin memprihatinkan. Maka keberadaan madrasah diniyah sebagai lembaga pendidikan non formal yang bertujuan untuk membekali anak-anak dengan ilmu agama Islam dan membentuk karakter religius mereka akan selalu dibutuhkan masyarakat, tidak terkecuali anak-anak yang hidup di lingkungan eks-lokalisasi. mereka juga membutuhkan bimbingan, arahan dan pendidikan agama Islam dalam rangka membentuk karakter religius mereka. Maka hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dan menjadi tanggung jawab madrasah diniyah Ash-Shobirin untuk menanamkan karakter religius pada mereka. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi madrasah diniyah Ash-Shobirin dalam menanamkan karakter religius anak yang berasal dari lingkungan eks-lokalisasi serta menganalisis bentuk-bentuk karakter religius mereka. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa strategi madrasah diniyah Ash-Shobirin dalam menanamkan karakter religius anak yang berasal dari lingkungan eks-lokalisasi adalah dengan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat dan cerita, pengawasan dan pendampingan, hukuman dan ganjaran, serta adanya kerja sama dengan orang tua. Materi yang diajarkan terdiri dari tauhid (keimanan), ibadah, akhlak, sejarah Islam, serta al Qur’an hadits. Selain itu, karakter religius mereka juga terbentuk dengan diadakannya kegiatan-kegiatan ekstra madrasah, yaitu muhadharah, khataman al Qur’an, yasinan, silaturahmi ke kediaman asatidz, dan diba’an. Sarana dan prasarana yang ada berupa ruang belajar dan media pembelajaran serta tempat ibadah yang membantu penanaman karakter religius anak. Sedangkan karakter religius yang terbentuk melalui strategi tersebut taat menjalankan shalat, puasa, dan mengaji, menghindari perbuatan keji, percaya diri, disiplin, jujur, bertanggung jawab, menjalin silaturahmi dengan asatidz dengan baik, berkata baik dan menghormati orang tua dan guru, dan sopan santun.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zayyini Rusyida Alimah
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:46
Last Modified: 28 Aug 2023 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9728

Actions (login required)

View Item View Item