Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MA Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk

Su'ada, Ita Zumrotus (2023) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MA Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21504006_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (1MB)
[img] Text
21504006_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (221kB)
[img] Text
21504006_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (233kB)
[img] Text
21504006_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (128kB)
[img] Text
21504006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (858kB)
[img] Text
21504006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (144kB)
[img] Text
21504006_bab6.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (52kB)
[img] Text
21504006_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2024.

Download (119kB)
[img] Text
21504006_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2024.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Su’ada, Ita Zumrotus, 2023, Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MA Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. 2. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru. Kualitas pendidikan perlu ditingkatkan dan dikembangkan seiring perkembangan zaman, tentunya hal tersebut tidak lepas dari peran pendidik yang profesional. Keberhasilan dari proses peningkatan profesionalisme tenaga pendidik ditentukan oleh kepala sekolah dalam mengelola tenaga pendidik yang ada di lembaga tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik adalah melalui supervisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan teknik, model, pendekatan dan prosedur supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala MA Darussalam dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan rancangan yang dibuat oleh Miles dan Hubermen dengan melakukan analisis secara interaktif. Adapun tahapan analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Teknik Supervisi akademik yang digunakan kepala MA Darussalam adalah Teknik individu yang meliputi: kunjungan antar kelas, mengamati keadaan kelas saat proses KBM berlangsung, bertukar pikiran, serta penilaian diri sendiri, dan teknik kelompok meliputi: rapat bulanan, diskusi kelompok, mengikuti pelatihan baik dalam bentuk workshop, seminar ataupun MGMP. 2) Model supervisi akademik yang digunakan Kepala MA Darussalam ada tiga macam yakni: model supervisi akademik langsung, model supervisi akademik tidak langsung dan model supervisi kontemporer. Akan tetapi dalam implementasinya,tidak semua model dapat digunakan secara bersamaan, melainkan penggunaan model tersebut sesuai kesepakatan antara supervisor dan guru yang akan disupervisi. 3) Pendekatan supervisi akademik yang digunakan Kepala MA Darussalam ada 3 pendekatan yakni; pendekatan langsung (direktif), pendekatan tidak langsung (non direktif) dan pendekatan kolaboratif. Akan tetapi pemilihan pendekatan berdasarkan situasi dan kondisi yang ada di lapangan. 4) Prosedur supervisi akademik yang digunakan Kepala MA Darussalam meliputi, kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut, dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala MA Darussalam terdapat 3 tahapan yang menjadi objek supervisi yakni: a) Tahapan pertama mensupervisi perangkat pembelajaran, b) Tahapan kedua merupakan tahapan supervisi proses pembelajaran, c) tahapan ketiga adalah supervisi penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ITA ZUMROTUS SU'ADA
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:29
Last Modified: 01 Sep 2023 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9723

Actions (login required)

View Item View Item