Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Mi Maarif Nu Insan Cendekia Betet Kota Kediri

Gufron, Jauharul (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Mi Maarif Nu Insan Cendekia Betet Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123318_PraBab.pdf

Download (412kB)
[img] Text
932123318_BAB1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932123318_BABII.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932123318_BABIII.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932123318_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
932123318_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
932123318_BABVI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
932123318_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932123318_sp.pdf

Download (347kB)

Abstract

GUFRON, JAUHARUL, 2022, Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di MI Maarif NU Insan Cendekia Betet Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Dosen Pembimbing (1) Dr. Muhamad Yasin, M.Pd. Dan Dosen Pembimbing (2) Imam Masrur, M.Th.I Kata Kunci: Guru Akidah Akhlak, Karakter, MI Maarif NU Insan Cendekia Disiplin merupakan kesadaran mentaati dan menjalankan peraturan secara konsekuen. Akomodasi dari sikap ini menjadi sebuah karakter. Penyajian materi keilmuan dan kedisiplinan orang tua, guru dan lingkungan akan sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk mendeskripsikan peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MI Maarif NU Insan Cendekia Betet Kota Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan karakter disiplin Siswa di MI Maarif NU Insan Cendekia Betet Kota Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan strategi penelitian untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik. Objek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling (BK), guru Akidah Akhlak dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis induktif artinya peneliti memaparkan peristiwa-peristiwa yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak yang selalu mengajar dengan pemberian nasihat dan motivasi, tidak lupa juga menegur dan memberi hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar aturan. Peran Guru Akidah Akhlak dalam menanamkan kedisiplinan siswa, dengan cara memberikan bimbingan arahan dan motivasi sebelum masuk kelas, menerapkan kedisiplinan baik dari segi waktu sesuai tata tertib aturan yang ada di sekolah, berpakaian rapi, menjaga kebersihan agar mampu belajar dengan nyaman dan menyenangkan di kelas. Lalu dalam sebuah upaya pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya. Begitu juga di MI Maarif NU Insan Cendekia ini.faktor pendukung antara lain: guru, sarana dan prasarana, dan teman sebaya. Adapun faktor penghambat antara lain: kesibukan orang tua, lingkungan, dan pemanfaatan tekhnologi yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jauharul Gufron
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:20
Last Modified: 26 Sep 2023 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9719

Actions (login required)

View Item View Item