Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pengelolan Kelas (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri)

Nurisdiana, Galih Wahyuli (2015) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pengelolan Kelas (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108311-Pra BAB.pdf

Download (701kB)
[img] Text
932108311-BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
932108311-BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932108311-BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
932108311-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
932108311-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
932108311-BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932108311-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932108311-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Guru adalah faktor terpenting dalam pembelajaran, dalam menjalankan perannya seorang guru harus mempunyai keahlian dalam mengajar dan mengelola kelas. Namun ada beberapa guru terkadang masih belum menguasai keahlian yang harus dimilikinya, dan hal ini menjadikan problem bagi guru tersebut. Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri?, 2) Bagaimana upaya mengatasi problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri? dan tujuan penelitiannya : 1) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri, 2) Untuk mengatasi problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa problematika yang dihadapi guru PAI dalam pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri yakni kurangnya media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, input siswa yang rendah, motivasi siswa yang rendah, kemampuan guru yang terbatas dalam mengelola kelas dan rendahnya kedisiplinan siswa. Sedangkan upaya untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru PAI dalam pengelolaan kelas yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang ada secara bergantian dan memanfaatkan mushola untuk pembelajaran PAI, guru lebih banyak menerangkan dan berperan aktif, guru memberikan tugas merangkum dan memberikan cerita keagamaan disela-sela pelajaran, sekolah mengadakan pelatihan dan sharing bersama mengenai kemampuan guru dalam mengajar dan mengelola kelas, dan guru memberikan hukuman yang bersifat mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:09
Last Modified: 27 Dec 2019 06:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item