Zuda, Lutfiana (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an di UPTD SMP Negeri 1 Ngancar Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107711-prabab.pdf Download (510kB) |
|
Text
932107711-bab1.pdf Download (538kB) |
|
Text
932107711-bab2.pdf Download (512kB) |
|
Text
932107711-bab3.pdf Download (182kB) |
|
Text
932107711-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
932107711-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
932107711-bab6.pdf Download (254kB) |
|
Text
932107711-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text
932107711-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
Abstract
Di sekolah Menengah Pertama, yang merupakan pendidikan umum, meningkatkan minat baca al-Qur’an pada siswa tidaklah gampang. Diperlukan peran yang sangat besar dari para Guru Pendidikan Agama Islam untuk menanganinya. Keteladanan dan pembiasaan diyakini pendekatan yang sangat tepat dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an pada anak sekolah menengah pertama. Maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah (1). Bagaimana minat baca al-Qur’an sisiwa di UPTD SMP Negeri 1 Ngancar Kabupaten Kediri?, (2). Bagaimana upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an di UPTD SMP Negeri 1 Ngancar Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen lainnya. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif terinci, dan mendalam. Jenis penelitian ini tergolong bersifat deskripstif kualitatif lapangan (qualitative) apabila dilihat dari tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat baca al-Qur’an siswa di UPTD SMP Negeri 1 Ngancar Kabupaten Kediri yaitu terbukti bahwa ada beberapa siswa yang belum mampu membaca al-Qur’an dan terlebih dulunya di rumah juga jarang membaca al-Qur’an. Sehingga perlu adanya pembiasaan pada siswa agar gemar membaca al-Qur’an, baik di sekolah maupun di rumah. Sedangkan, (2) upaya guru PAI dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an di UPTD SMP Negeri 1 Ngancar Kabupaten Kediri yakni membiasakan siswa berdo’a dengan membaca surat pendek, yaitu surat al Fatihah dan al Asr, menyediakan sumber bacaan yang menarik, contohnya juz ‘amma yang tiap pelajaran PAI digunakan dengan buku yang desainnya menarik, selain itu dari sekolah selalu mengarahkan siswanya agar setiap hari membaca al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 04:15 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 04:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/965 |
Actions (login required)
View Item |