Mufidah, Nurin Izzatul (2023) Upaya Orang Tua Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Anak Kelas 1 (Studi Kasus Di MI Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127519_PRABAB.pdf Download (380kB) |
|
Text
932127519_BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
932127519_BAB 2.pdf Download (257kB) |
|
Text
932127519_BAB 3.pdf Download (79kB) |
|
Text
932127519_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
932127519_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
932127519_BAB 6.pdf Download (19kB) |
|
Text
932127519_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
932127519_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932127519_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (986kB) |
Abstract
NURIN IZZATUL MUFIDAH, Dosen Pembimbing Bapak Dr. M. Alim Khoiri, S.HI., M.Sy dan Bapak Nurul Ahsin, M.Pd.I, Upaya Orang Tua Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Anak Kelas 1 (Studi Kasus Di MI Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023.Kata Kunci: Upaya, Orang Tua, Disiplin Belajar, Anak Peran orang tua sebagai pendidik sangat diperlukan dalam mengontrol belajar anak. Mengontrol disini termasuk mengenai kedisiplinan belajar anak. Masing-masing orang tua tentunya memiliki perlakuan yang berbeda-beda dalam meningkatkan disiplin belajar anaknya. Pada kenyataannya sebagian besar anak-anak lebih suka bermain daripada belajar, sehingga diperlukan upaya orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak agar lebih maksimal dalam belajar di rumah sehingga dapat terbentuk sikap disiplin belajar. Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) bagaimana strategi orang tua dalam meningkatkan disiplin belajar anak kelas 1 di MI Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono? (2) bagaiamana kendala orang tua dalam meningkatkan disiplin belajar anak kelas 1? (3) bagaimana solusi dari kendala tua dalam meningkatkan disiplin belajar anak kelas 1 tersebut? Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif, Dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik dalam pengambilan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan di MI Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono dengan melibatkan wali kelas 1, orang tua kelas 1 dan siswa kelas 1. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah yaitu, pertama reduksi data dengan merangkum, memilih yang pokok, dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kedua penyajian data dengan menggabungkan dari kumpulan informasi yang diperoleh untuk disusun menjadi bentuk yang padu untuk memastikan bahwa data lengkap dan valid, ketiga penarikan kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan dalam pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya orang tua dalam meningkatkan disiplin belajar anak kelas 1 MI Nurul Huda Bangsri Kecamatan Kertosono yaitu dengan memberikan reward, memberikan hukuman (punishment), pemberian fasilitas belajar, serta mengajak aktivitas di luar untuk mengurangi penggunaan gawai. Kedua, kendala orang tua dalam meningkatkan disiplin belajar anak kelas 1 di antaranya yaitu keadaan suasana hati (mood) anak yang berubah-ubah dan jenis pekerjaan orang tua banyak menyita waktu. Ketiga, solusi dari kendala tua dalam meningkatkan disiplin belajar anak kelas 1 di antaranya yaitu mengikutsertakan anak di lembaga bimbingan belajar atau les dan membuat jadwal kegiatan sehari-hari anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurin Izzatul Mufidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 03:35 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 03:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9638 |
Actions (login required)
View Item |