Irham, Muhammad (2015) Implementasi Penilaian Ranah Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Mashlahiyah Badas dan Mts Ma’arif Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107210-pra BAB.pdf Download (367kB) |
|
Text
932107210-bab1.pdf Download (411kB) |
|
Text
932107210-bab2.pdf Download (612kB) |
|
Text
932107210-bab3.pdf Download (828kB) |
|
Text
932107210-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text
932107210-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text
932107210-bab6.pdf Download (254kB) |
|
Text
932107210-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
|
Text
932107210-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
Abstract
Seorang guru dalam melakukan penilaian hanya lebih memperhatikan ranah kognitif siswanya, sedangkan ranah afektif dan ranah psikomotoriknya kurang diperhatikan. Berkenaan dengan akidah akhlak di MTs Mashlahiyah Badas dan MTs Ma’arif, guru haruslah menilai semua ranah siswa, karena pembelajaran Akidah Akhlak akan dikatakan berhasil apabila pengetehauan yang telah didapatkan oleh siswa yang dapat di wujudkan dalam sikap dan perbuatannya. Adapun fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi penilaian yang digunakan dalam penilaian ranah afektif pada amata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mashlahiyah Badas dan MTs Ma’arif Pare? 2) Bagaimana proses penilaian afektif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mashlahiyah Badas dan MTs Ma’arif Pare? 3) Sumber daya apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan penilaian ranah afektif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs.Mashlahiyah Badas dan MTs Ma;arif Pare? 4) Bagaimana proses pelaporan hasil penilaian afektif di MTs Mashlahiyah Badas dan MTs Ma’arif Pare? Penelitian ini dilakukan di dua lokasi yang berbeda, untuk mengetahui implementasi penilaian ranah afektif apa yang di gunakan untuk menilai afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di dua madrasah tersebut, Yaitu MTs Mashlahiyah Badas dan MTs Ma’arif Pare. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, intervieuw, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah, 1) implementasi penilaian ranah afektif yang di gunakan untuk menilai afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mashlahiyah dan MTs Ma’arif sam, yaitu sama-sama menggunkan metode observasi. 2) Dalam proses penilaian afektif ini juga memiliki kesamaan, yaitu memanfaatkan proses belajar mengajar untuk melakukan penilaian afektif, perbedaannya hanya pada metode pembelajarannya saja. 3) Sumber daya yang di perlukan yaitu media penilaian, waktu penilaian dan subyek yang melakukan penilaian dan dana yang di butuhkan dalam penilaian dalam sekolahan yaitu berupa dana BOS. 4) Untuk proses pelaporan nilai afektif yang di peroleh dari dua sekolah yaitu di lakukan pada akhir semester.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 03:58 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 03:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |