Pengembangan Media Boneka Tangan Dengan Metode Show And Tell Materi Dongeng Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Kelas Ii Mi An-Nawawi Kutorejo Kabupaten Nganjuk

Wati, Retno (2022) Pengembangan Media Boneka Tangan Dengan Metode Show And Tell Materi Dongeng Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Kelas Ii Mi An-Nawawi Kutorejo Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932609618_bab1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932609618_bab2.pdf

Download (465kB)
[img] Text
932609618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
932609618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932609618_bab5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932609618_daftarpustaka.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R&D). tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media boneka tangan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng fabel dengan menggunakan metode Show and Tell dalam pengimplementasiannya untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Kemudian untuk mengetahui kelayakan produk berupa media boneka tangan dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Tahap Analisis (Analysis), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap Pelaksanaan (Implementation), (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan juga teknik analisis deskriptif kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan para ahli media dan ahli materi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan ahli materi dan ahli media, ada juga data dari tes keterampilan berbicara peserta didik. Hasil penialaian ini adalah 1) kelayakan media pembelajaran boneka tangan oleh kelima ahli media dengan rata-rata sebesar 94,8% yang artinya media sangat layak digunakan. Kemudian hasil dari kelima ahli materi yang sudah divalidasi oleh ahli materi dengan rata-rata sebesar 94% yang artinya materi sangat layak digunakan. 2) Hasil keterampilan berbicara siswa sebelum adanya pengimplementasian media boneka tangan memperoleh persentase rata-rata 35% yang layak dalam tes sedangkan 65% belum layak. Setelah adanya pengimplementasian media boneka tangan dengan metode Show and Tell diperoleh hasil kelayakan sebesar 90% dan yang belum layak sebesar 10%. 3) Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan dengan menggunakan metode Show and Tell layak untuk digunakan dan dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RETNO WATI
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:08
Last Modified: 15 Aug 2023 08:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9609

Actions (login required)

View Item View Item