Qibtiyah, Mar’atul (2015) Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Akselerasi Di Sma Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106911-prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932106911-bab1.pdf Download (372kB) |
|
Text
932106911-bab2.pdf Download (431kB) |
|
Text
932106911-bab3.pdf Download (383kB) |
|
Text
932106911-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
Text
932106911-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932106911-bab6.pdf Download (153kB) |
|
Text
932106911-Daftar Pustaka.pdf Download (366kB) |
|
Text
932106911-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam meningkatkan keefektifan pelajaran khususnya bidang Pendidikan Agama Islam, ada hal yang perlu diperhatikan oleh guru. Guru hendaknya harus pandai dalam manajemen pembelajaran agar berjalan secara efektif dan optimal. Adapun ruang lingkup pembelajaran, serta beberapa kegiatan administratif yang mencangkup kegiatan prosedural dan organisasional seperti penataan ruangan, pengelompokkan siswa dalam pembagian tugas, penegakan disiplin kelas, pengadaan tes, pengorganisasian kelas, pencatatan kelas dan pelaporan. Anak berbakat membutuhkan layanan pendidikan khusus agar potensi keterbakatannya dapat berkembang sehingga mencapai aktualisasi diri yang optimal. Siswa pemilik bakat dan kecerdasan luar biasa jauh di atas normal (yang memiliki skor IQ 130 ke atas) harus mendapat perhatian khusus. Penelitian ini memfokuskan kajian tentang implementasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam program akselerasi, antara lain: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam program akselerasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kegiatan tentang: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam program akselerasi. Penelitian skripsi ini menggunakan rancangan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah memperoleh data di lapangan, selanjutnya dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan teknik trinagulasi sumber data. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian, yaitu (1) perencanaan pembelajaran PAI berangkat dari penyusunan perangkat pembelajaran yang sudah dimodifikasi baik muatan pembelajaran, metode pembelajaran dan media pembelajarannya. (2) pelaksanaan program akselerasi di SMAN 1 Grogol dilakukan oleh orang-orang yang menduduki jabatan dalam struktur organisasi program akselerasi. Media yang digunakan dalam kelas akselerasi tidak sama dengan kelas reguler. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan oleh setiap pendidik berbeda-beda sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ajarkan tetapi kebanyakan dari pendidik di SMAN 1 Grogol menggunakan metode ceramah. (3) bentuk penilaian pembelajaran PAI kelas akselerasi sama dengan kelas reguler, yang membedakan yaitu KKM, waktu evaluasi dan kualitas soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 03:45 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 03:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/960 |
Actions (login required)
View Item |