Al Faiz, Ahmad Fadhol (2023) Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Islam Ulil Albab Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932124919_prabab.pdf Download (996kB) |
|
Text
932124919_bab1.pdf Download (235kB) |
|
Text
932114919_bab2.pdf Download (190kB) |
|
Text
932124919_bab3.pdf Download (164kB) |
|
Text
932124919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
932124919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text
932124919_bab6.pdf Download (93kB) |
|
Text
932124919_daftar_pustaka.pdf Download (147kB) |
Abstract
Metode Al Miftah adalah sebuah metode cepat dan praktis dalam pembelajaran nahwu dan sorof. Metode yang dicetuskan dan dikembangkan oleh Ponpes Sidogiri Pasuruan ini sangat cocok untuk dipelajari oleh orang awam yang bahkan baru mengenal nahwu dan sorof sekalipun. Kegiatan pembelajaran Al Miftah ditunjang dengan buku khusus Al Miftah yang berjumlah 4 jilid, serta 1 buku yang berisi nadzom-nadzom Al Miftah yang dapat menunjang pemahaman dan hafalan siswa. Pada masing-masing jilid terdapat pembahasan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data yang terkumpul kemudian di analisis dan diinterpretasikan dalam bentuk yang singkat dan jelas sehingga mudah di pahami dan di simpulakan. Teknik pengumpulan data yang di lakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian untuk memperoleh data atau fakta dalam penelitian yaitu : (1) Kepala SMP Islam Ulil Albab Kebumen (2) Ketua Madin SMP Islam Ulil Albab Kebuemen (3) Ustadz Madin SMP Islam Ulil Albab Kebumen (4) Siswa SMP Islam Ulil Albab Kebumen. Sedangkan untuk penegcekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan keterlibatan peneliti, pengamatan mendalam dalam observasi, serta triangulasi. Hasil penelitian Implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum di SMP Islam Ulil Albab Kebumen sebagai berikut. (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran metode Al Miftah dilakukan selama 75 menit pada hari Senin-Kamis pada pukul 10.30-11.45 lalu pada Jumat dan Sabtu kegiatan yang dilakukan adalah mengaji kitab lain yaitu kitab Risalatul Mahaid serta pada mengajian tersebut seringkali diselipkan pertanyaan seputar nahwu sebagai implementasi dari Al Miftah, pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan pembelajaran yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (2) Hasil penerapan dalam pembelajaran metode Al-Miftah di SMP Islam Ulil Albab Kebumen di antaranya yaitu siswa sedikit demi sedikit memahami kaiadah nahwu sorof yang terdapat pada materi Al Miftah serta hafal nadzom per jilid sesuai tingkatannya. Adapun metode yang digunakan dalam hafalan adalah pembiasaan lalaran setiap sebelum memulai pembelajaran Al Miftah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Fadhol Al Faiz |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9588 |
Actions (login required)
View Item |