Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Budaya Sekolah Di MTsN 5 Nganjuk

Lestari, Nurul Ayu (2023) Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Budaya Sekolah Di MTsN 5 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932108719_bab1.pdf

Download (510kB)
[img] Text
932108719_bab2.pdf

Download (537kB)
[img] Text
932108719_bab3.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932108719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
932108719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
932108719_bab6.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932108719_daftarpustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932108719_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932108719_pernyataanpublikasi.pdf

Download (557kB)

Abstract

Pembinaan akhlakul karimah adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk membina dan meningkatkan sikap atau perilaku terpuji yang sesuai dengan syariat Islam. Akhlakul Karimah sendiri dibedakan menjadi 5, yaitu Akhlak kepada Allah, diri sendiri, orang tua, masyarakat, dan akhlak pada alam. Pendidikan akhlak di sekolah bukan hanya menjadi tanggungjawab guru PAI ataupun guru Akidah Akhlak saja, namun ini adalah tugas semua guru untuk dapat mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah. Di MTsN 5 Nganjuk, pembinaan akhlak salah satunya diwujudkan melalui budaya sekolah atau kebiasaan-kebiasaan baik. Walaupun demikian, masih ada beberapa siswa yang belum sepenuhnya menjalankan budaya tersebut dengan baik. Fokus pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlakul karima/h siswa melalui budaya sekolah di MTsN 5 Nganjuk, 2. Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlakul karimah siswa. Sehingga dalam hal ini, pembinaan akhlak tidak hanya menjadi tugas guru Akidah Akhlak saja, namun keseluruhan guru.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dengan jenis penelitian lapangan serta sifatnya deskriptif. Sumber datapenelitian ini adalah guru dan siswa MTsN 5 Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah dilakukan melalui 2 budaya, yaitu budaya disiplin dan budaya religius. Pelaksanaan budaya disipilin menekankan pada disiplin kehadiran dan disiplin berseragam. Sedangkan budaya religius dibedakan dalam 6 kegiatan, yaitu: a.Budaya 5S+ yang dilaksanakan spontan, b. Melantunkan Asmaul Husna dan BTA dilaksanakan setiap pagi, c. Mengaji Kitab dilaksanakan setiap 15 menit sebelum istirahat pertama, d. Salat Duha dan Istigasah dilaksanakan setiap Jumat pagi, e.Salat Zuhur berjamaah dilaksanakan setiap hari kecuali Jumat, f. Salat Jumat dan keputrian dilaksanakan setiap Jumat siang. Fokus ke 2. Metode yang digunakan adalah keteladanan, pembiasaan, nasihat, dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Ayu Lestari
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:10
Last Modified: 11 Aug 2023 06:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9583

Actions (login required)

View Item View Item