Zahra, Muftiya (2015) Problematika Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106211-prabab.pdf Download (774kB) |
|
Text
932106211-bab1.pdf Download (502kB) |
|
Text
932106211-bab2.pdf Download (458kB) |
|
Text
932106211-bab3.pdf Download (270kB) |
|
Text
932106211-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text
932106211-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text
932106211-bab6.pdf Download (345kB) |
|
Text
932106211-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
932106211-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka. Di Madrasah Tsanawiya Negeri Purwoasri Kediri, kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus bahasa Inggris “English Club Community” sebagai wadah bagi siswa yang ingin mendalami dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. 2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dan siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. 3) Untuk mengetahui cara guru mengatasi problematika yang ada pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pusdiklatsus Bahasa Inggris “English Club Community” dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data penelitian menggunakan kata-kata dan tindakan, sumber tertulis. Pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data bersifat diskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Pelaksanaan kegiatan hari Selasa pukul 13.30 s/d 16.00 WIB. Kadang-kadang pukul 16.30 WIB, materi tenses, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi. Tempat di dalam kelas dan di luar kelas, sarana dan prasarana ruang kelas, lapangan, parkiran sepeda, spidol, penghapus, white board, laptop, tape, VCD, mix, salon, papan tulis, buku panduan, alat peraga, kemampuan berbahasa Inggris siswa mengalami kemajuan 30% cukup bagus, evaluasi dilihat dari semua aspek membaca, berbicara, mendengar, menulis, vocab dan tenses, praktek, keaktifan, ulangan harian, remidi, melihat standar nilai. 2) Problem guru, beban moral guru, khawatir setelah menjadi anggota ECC nilai dan akhlak jelek, faktor kelelahan, cuaca, menghadapi anggota yang masuknya tidak rutin, kurangnya sarana, prasarana. Problem siswa kekurangtahuannya bahasa Inggris terutama vocabulary/ kosa kata, kurang berani mengungkapkan pendapat/ ngomong, capek, ngantuk, malas, tidak disiplin, sering jenuh, konsentrasi belajar menurun, susah menguasai tenses. faktor alam seperti mendung, hujan, panas, pengaruh teman negatif, pengaruh media elektronik, kurangnya sarana prasarana, motivasi belajar yang kurang, banyaknya tugas pelajaran lain, adanya kegiatan lain. 3) Cara guru mengatasi problematika yang ada, sabar, memberikan materi dan cara pengajaran yang bervariasi, memberikan perhatian yang fokus, menciptakan inovasi kegiatan pembelajaran, kasih sayang, motivasi dan nasehat, pendekatan personal bila ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan, berdoa atas keberhasilan mereka semua dalam belajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 02:59 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 02:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/958 |
Actions (login required)
View Item |