Salma, Wardatus (2015) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Perilaku Religius Peserta Didik dalam Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus di SMN 4 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103611-prabab.pdf Download (463kB) |
|
Text
932103611-bab1.pdf Download (228kB) |
|
Text
932103611-bab2.pdf Download (514kB) |
|
Text
932103611-bab3.pdf Download (259kB) |
|
Text
932103611-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text
932103611-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
932103611-bab6.pdf Download (200kB) |
|
Text
932103611-daftar pustaka dan lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatkan kedisiplinan dan perilaku religius peserta didik merupakan suatu kegiatan yang mengarah perkembangan, dan keterbiasaan seseorang terhadap nilai-nilai agama. Meningkatkan kedisiplinan dan pembiasaan religius tidak terlepas dari adanya sebuah tujuan, yang mana dalam membiasakan berperilaku disiplin dan religius tentu dibutuhkan metode yang sesuai dengan kedisiplinan dan perilaku religius yang disampaikan. Dengan harapan akan memperoleh konsep diri yang baik serta menjadi hamba Allah yang senantiasa menjalankan amalan-amalan dari ajaran agama Islam dalam kesehariannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru dalam peningkatan kedisiplinan dan perilaku religius peserta didik di sekolah SMAN 4 Kediri. 2) Kegiatan apa saja yang dilakukan di SMAN 4 Kediri dalam meningkatkan kedisiplinan dan perilaku religius peserta didik. 3) Apa saja faktor penunjang dan penghambat upaya guru dalam peningkatan kedisiplinan dan perilaku religius peserta didik di sekolah SMAN 4 Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahab terakhir adalah pengecekkan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan dan perilaku religius peserta didik dalam kegiatan keagamaan di SMAN 4 Kediri adalah 1) membangun metode kebiasaan, metode keteladanan, serta peran sekolah. 2) berbagai macam kegiatan keagamaan. 3) Faktor pendukung fasilitas yang disediakan oleh sekolah, tenaga pendidik yang siap melayani kebutuhan peserta didik, adanya motivasi peserta didik. Adapaun faktor penghambat beberapa peserta didik kurang semangat, beberapa dari mereka merasa malu dan sedikit tertutup.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 01:34 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 01:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/945 |
Actions (login required)
View Item |