Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMK Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri

Nisa', Kamilatun (2023) Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMK Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932410319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932410319_bab1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932410319_bab2.pdf

Download (171kB)
[img] Text
932410319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
932410319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932410319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
932410319_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
932410319_daftarpustaka.pdf

Download (114kB)
[img] Text
932410319_suratpernyataan.pdf

Download (284kB)

Abstract

KAMILATUN NISA’, Dosen Pembimbing Nurul Hudha Purnomo, M.Pd, dan Siska Yulia Weny, M.Ak. Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMK Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, Kualitas Belaajar. Penulis tertarik dengan bagaimana manajemen peningkatan mutu diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di SMK Hidayatus Sholihin karena banyaknya penerapan manajemen peserta didik di lembaga yang sering dilakukan berdasarkan periode kerja. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri, (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan di SMK Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri. (3) Bagaimana evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Hidayatus Sholihin Turus-Gurah-Kediri. Jenis penelitian ini merupakan Kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Panitia PPDB, Guru SMK, dan beberapa peserta didik. Teknis Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini yang di dapatkan adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan peserta didik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Hidayatus Sholihin yaitu cenderung perencanaan manajemen kesiswaan di susun oleh kepala sekolah bersama pengurus yayasan, juga dengan wakil kesiswaan dan tim yang telah terpilih, meliputi análisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, proses seleksi peserta didik, penempatan peserta didik, dan pelaporan/pencatatan peserta didik. Semua perencanaan tersusun disusun dan terdokumentasi. (2) Pembinaan peserta didik di SMK Hidayatus Sholihin. Proses pertama dalam kegiatan pembinaan yaitu perekrutan para peserta didik untuk dilakukan pembinaan khusus berupa bimbingan yang dilakukan secara optimal. Kegiatan pembinaan peserta didik di SMK Hidayatus Sholihin sangatlah beragam dalam pelaksanaannya. Dari keberagaman tersebut tentunya dapat menciptakan nilai lebih, karena dengan menekuni bidang-bidang yang ada para peserta didik yang mana dapat menciptakan sebuah prestasi. (3) Evaluasi peserta didik dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan di SMK Hidayatus Sholihin yaitu cenderung bagaimana kondisi program dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil tindak lanjut dari seberapa jauh proses penentuan kelompok telah mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Evaluasi disini adalah sebuah proses yang sistemastis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterprestasikan dan menyajikan informasi untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kamilatun Nisa
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:12
Last Modified: 08 Aug 2023 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item View Item