Fitriani, Iin Riyadotul (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTsN Ngronggot Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
3. PRA BAB.pdf Download (312kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (202kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada era perkembangan zaman modern ini, membaca Al-Qur’an pada peserta didik itu perlu ditingkatkan lagi. Maka dari itu perlu adanya upaya-upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Adapun fokus yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTsN Ngronggot Nganjuk, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTsN Ngronggot Nganjuk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MTsN Ngronggot Nganjuk. Data yang didapatkan berasal dari observasi hasil observasi dan hasil wawancara dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan guru PAI dan membaca Al-Qur’an dan peserta didik. Prosedur Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi yaitu mengamati data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilaksanakan oleh guru PAI dan guru membaca Al-Qur’an yaitu sebelum pelajaran dimulai semua peserta didik membaca surat-surat pendek dan Asmaul Husna, adanya jam tambahan membaca Al-Qur’an setelah pulang sekolah, pembuatan rencana program tentang pembuatan kartu setoran hafalan surat-surat pendek, guru memberikan metode yang intensif dan efektif. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah: Keberadaan TPA/diniyah di rumah masing-masing yang sangat mendukung sekali, guru yang selalu aktif dan memberikan motivasi penuh pada peserta didik, tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu: Kemampuan mengajar setiap guru itu berbeda-beda, jam pelajaran membaca Al-Qur’an kurang efektif, kurangnya kesadaran dari orang tua untuk memotivasi anaknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 00:58 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 00:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/941 |
Actions (login required)
View Item |