Janah, Mifthahul (2018) :Persepsi Konsumen Terhadap Penggantian Uang Kembalian Dengan Permen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Dina Swalayan Desa Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk), IAIN Kediri, 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931318914-prabab.pdf Download (563kB) |
|
Text
931318914-bab1 .pdf Download (217kB) |
|
Text
931318914-bab2.pdf Download (477kB) |
|
Text
931318914-bab3.pdf Download (105kB) |
|
Text
931318914-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
931318914-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
931318914-bab6.pdf Download (86kB) |
|
Text
931318914-daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text
931318914-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Lazimnya di masyarakat, kegiatan jual beli merupakan penukaran antara uang dengan barang. Dimana pembeli akan memberikan sejumlah uang kepada pembeli. Apabila ada sisa dari pembayaran maka akan dikembalikan dalam bentuk uang. Namun, di Dina Swalayan mempunyai kebijakan yaitu mengganti sisa kembalian dengan permen.Hal ini terkadang menimbulkan permasalahan antara kasir dan konsumen, namun terkadang pihak swalayanseringkali mengabaikan keluhan konsumen. Selain itu yang menjadi masalah lainnya adalah pihak swalayan seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menolak permen sebagai uangkembalian. Apabila konsumen menolak permen sebagai pengembalian sisa pembelian tersebut maka pihak pedagang hanya menjawab tidak mempunyai uang kecil.Dari konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi konsumen terhadap penggantian uang kembalian dengan permen di Dina Swalayan Desa Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? 2) Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap penggantian uang kembalian dengan permen di Dina SwalayanDesa Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen Dina Swalayan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Persepsi konsumen terhadap penggantian uang kembalian dengan permen di DinaSwalayan kebanyakan konsumen kurang setuju karena konsumen menganggap uang lebih penting daripada permen, mereka lebih setuju jika penggantian uang kembalian dengan permen di alihkan ke dana sosial/infak. Dan hanya beberapa yang menyetujuinya, karena mereka menganggap agar lebih praktis. Dalam praktik ini kasir memberikan permen sebagai alat pengembalian jika tidak adanya ketersediaan stock uang kecil. Sehingga mau tidak mau konsumen harus menerima uang kembalian berupa permen.2) Tinjauan Ekonomi Islam terhadap penggantian uang kembalian dengan permen di Dina Swalayan kurang sesuai dengan etika bisnis Islam.Dalam Islam, seharusnya bisnis itu dilakukan secara transparan dan tidak merugikan serta menzalimi pihak yang lain.Pada kenyataannya, penggantian uang kembalian dengan permen ini dilakukan karena tanpa adanya persetujuan salah satu pihak yang pada akhirnya menimbulkan keterpaksaan pihak konsumen untuk menerima penggantian uang kembalian dengan permen tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 07:32 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 07:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |