Analisis Penanaman Akhlak Perspektif Al-Ghozali dalam Kitab Ihya' Ulumuddin dan Relevansinya di Era Modern

Latifa, Nimas Fitriatul (2023) Analisis Penanaman Akhlak Perspektif Al-Ghozali dalam Kitab Ihya' Ulumuddin dan Relevansinya di Era Modern. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418026_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101418026_bab1.pdf

Download (591kB)
[img] Text
92101418026_bab2.pdf

Download (647kB)
[img] Text
92101418026_bab3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
92101418026_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
92101418026_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
92101418026_bab6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
92101418026_daftarpustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Nimas Fitriatul Latifa, 2022, Analisis Penanaman Akhlak Perspektif Al-Ghozali Dalam Ihya’ Ulumuddin Dan Relevansinya Di Era Modern, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd; 2. Dr. Hj. Sardjuningsih, M.Ag Kata Kunci: Penanaman Akhlak, Ihya’ Ulumuddin, Era Modern Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari ketertarikan peneliti pada fenomena yang semakin melejit terkait degradasi akhlak, baik dari kalangan anak anak sampai remaja. Lebih–lebih ketika menginjak usia SMP. Tolak ukur keberhasilan di masa sekarang adalah intelektual, bukan moral. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak yang mengejar intelektual tanpa memperhatikan moral. Perspektif Al-Ghozali dalam hal ini menyatakan bahwa akhlak harus ditanamkan sejak dini dari dalam jiwa dan tidak ada unsur paksaan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Dan menggunakan metode library research. Pengumpulan data menggunakan 1) abstrak hasil penelitian, 2) indeks, 3) review, 4) jurnal, 5) buku referensi. Selain menggunakan 5 poin diatas, peneliti juga menggunakan data primer yaitu dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu pemikiran Imam AlGhazali tentang penanaman akhlak perpektif Al-Ghazali sampai saat ini tetap relavan terbukti dengan banyaknya pendidikan yang masih menggunakan konsep beliau. Hanya saja berbeda dalam penyajian pemikiran dan kasus yang dihadapi seperti halnya Imam Al-Ghazali dalam mendidik sesuai dengan zaman anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nimas Fitriatul Latifa
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:19
Last Modified: 18 Jul 2023 03:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9162

Actions (login required)

View Item View Item