Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Penyesuaian Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Pasca Pandemi Covid-19

Fatqiah, Isma Lutfiana (2023) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Penyesuaian Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130619_prabab.pdf

Download (550kB)
[img] Text
932130619_bab1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
93120619_bab2.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932130619_bab3.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932130619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
932130619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
932130619_bab6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
932130619_daftarpustaka.pdf

Download (76kB)
[img] Text
932130619_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (6).pdf

Download (77kB)

Abstract

Isma Lutfiana Fatqiah, dosen pembimbing Ibu Ninik Zuroidah, M.Si dan Ibu Nila Zaimatus Septiana, M.Pd. Hubungan antara Efikasi Diri dan Penyesuaian Diri dengan Stres Akademik Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi Pasca Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Efikasi Diri, Penyesuaian Diri, Stres Akademik Pasca Covid-19. Stress akademik adalah kesenjangan antara tuntutan lingkungan dan kemampuan individu untuk memenuhinya. Mahasiswa semester akhir sangat rentan dalam mengalami stres, kerana banyak tugas yang harus mereka kerjakan. Apalagi penyusunan skripsi mahasiswa sekarang ini dilakukan setelah pandemic Covid-19 sehingga tidak sedikit diantara mahasiswa yang merasa tertekan dan mengalami stres. Efikasi diri dan penyesuaian diri perlu ditingkatkan, karena keyakinan terhadap kemampuan dan pandai dalam menyesuaikan lingkungan dapat mengurangi tingkat stres akademik mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi pasca pandemic Covid-19. (2) Untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi pasca pandemic Covid-19. (3) Untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan penyesuaian diri dengan stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi pasca pandemic Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitiatif jenis ex post facto. Di katakana ex post karena peneliti melakukan penelitian suatu hubungan variabel dengan tidak memberikan perlakuan yang telah dirancang terlebih dahulu, sehingga penelitian ini dilakukan tanpa adanya manipulasi. Populasi dalam penelitian ini bersumber dari mahasiswa angkatan 2019 yang sedang melakukan penyusunan skripsi. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 100 responden. Mengenai pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Hubungan negative antara efikasi diri dengan stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi pasca pandemic Covid-19. Artinya, apabila efikasi diri diri mahasiswa meningkat, maka stres akademik mahasiswa akan menurun, begitu sebaliknya. Hal ini dibuktikan hasil Correlation Coefficient yang dihasilkan sebesar -.196. Nilai ini berada pada rentan 0.00 – 0.199 dengan kategori korelasi sangat rendah; 2) Hubungan negatif antara penyesuaian diri dengan stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi pasca pandemi Covid-19. Artinya, apabila penyesuaian diri mahasiswa meningkat, maka stres akademik mahasiswa akan menurun, begitu sebaliknya. Dibuktikan dengan nilai hasil Correlation Coefficient yang dihasilkan sebesar -.269. Nilai ini berada pada rentan 0.20 – 0.399 dengan kategori korelasi rendah; dan 3) Terdapat Hubungan antara efikasi diri dengan penyesuaian diri dengan stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi pasca pandemic Covid-19. Dibuktikan dengan nilai f hitung 3.941 lebih besar dari f tabel yaitu 3.09 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.023 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isma Lutfiana Fatqiah
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:23
Last Modified: 04 Jan 2024 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9141

Actions (login required)

View Item View Item