Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di MAN 3 Nganjuk

Ngabidin, M Minhajul (2023) Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118719_prabab.pdf

Download (878kB)
[img] Text
932118019_bab1.pdf

Download (658kB)
[img] Text
932118719_bab2.pdf

Download (712kB)
[img] Text
932118719_bab3.pdf

Download (587kB)
[img] Text
932118719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
932118719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
932118719_bab6.pdf

Download (573kB)
[img] Text
932118719_daftarpustaka.pdf

Download (576kB)

Abstract

Pembentukan karakter dan akhlak peserta didik tidak hanya dapat diperoleh dari lingkungan sekolah, selain itu juga dapat terbentuk dari kegiatan diluar sekolah seperti halnya kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan akhlak siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini yaitu:1) Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan siswa di MAN 3 Nganjuk. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembentukan Akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MAN 3 Nganjuk. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan terhadap peningkatan akhlak siswa di MAN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan memperoleh sumber data dari waka kurikulum sekolah, pembina ekstrakurikuler dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler keagamaan, kemudian dilanjut dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan 1) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang ada di MAN 3 Nganjuk adalah bahasa arab, hadrah dan MTQ. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler dalam membentuk akhlak siswa yang ada di MAN 3 Nganjuk melalui metode. Bahasa arab melalui metode uswah (keteladanan) yang pembentukan akhlak dilihat dari siswa kompakan dalam belajar bahasa arab, percaya diri melakukan drama menggunakan bahasa arab dan disiplin dalam mengikuti ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler hadrah melalui metode pembiasaan hasil pembentukan akhlak dilihat dari adab dan percaya diri saat tampil ataupun lomba sehingga terbentuk kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan esktrakurikuler MTQ melalui metode nasihat, hasil pembentukan akhlak dilihat dari terbiasa membaca Al-Qur`an sehingga dapat memperbaiki kualitas siswa dengan mencintai Al-Qur’an dan mengamalkan akhlak dan moral sesuai Al-Qur’an.3) Faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah munculnya rasa malas dalam diri sendiri, pengaruh lingkungan yang kurang baik, fasilitas kurang mendukung. Faktor pendukung diantaranya memberikan dana setiap mengadakan acara festival atau event lain, mendapat dukungan dari orang tua dan pembina ekstrakurikuler, pihak sekolah memberikan apresiasi setiap kegiatan yang diadakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Minhajul Ngabidin
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:41
Last Modified: 11 Jul 2023 03:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9009

Actions (login required)

View Item View Item