Upaya Pengasuh Dalam Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Anak Usia Kelas Rendah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Ahmadi Catak Gayam Mojowarno Jombang)

Azizi, Ahmad Aqil (2023) Upaya Pengasuh Dalam Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Anak Usia Kelas Rendah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Ahmadi Catak Gayam Mojowarno Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132719_prabab[1].pdf

Download (370kB)
[img] Text
932132719_bab1[1].pdf

Download (252kB)
[img] Text
932132719_bab2[1].pdf

Download (473kB)
[img] Text
932132719_bab3[1].pdf

Download (200kB)
[img] Text
932132719_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932132719_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932132719_bab6[1].pdf

Download (90kB)
[img] Text
932132719_daftar_pustaka[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132719_suratpernyataan.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK AZIZI, AHMAD, AQIL. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Hj. MUNIFAH, MPd. dan ZAKIYATUS SOIMAH MHI, Upaya Pengasuh Dalam Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Anak Usia Kelas Renda (Studi kasus Pada Pondok Pesantren Nurul Ahmadi Catak Gayam Mojowarno Jombang), Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci : Upaya Pengasuh, Nilai-nilai Religius, Anak Kelas Rendah Penanaman nilai-nilai religius menjadi hal penting yang harus di perhatikan dalam proses pendidikan, khususnya pendidikan di pesantren. Yang mana dalam menanamkan nilai-nilai religius tentunya membutuhkan metode sesuai dengan nilai nilai religius dan juga melihat dari karakter santri itu sendiri. Dengan fokus penelitian 1) bagaimana nilai religius anak usia kelas rendah di pondok pesantren Nurul Ahmadi. 2) metode apa saja yang digunakan untuk menanamkan nilai religius di pondok pesantren Nurul Ahmadi. 3) apa saja kendala dari upaya penanaman nilai religius anak usia kelas rendah di pondok pesantren Nurul Ahmadi. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa upaya pengasuh dalam penanaman nilai-nilai religius di pondok pesantren Nurul Ahmadi adalah 1) nilai relius pada anak usia kelas rendah disana di antaranya adalah ibadah dan disiplin, jihad, amanah dan ikhlas, akhlak, keteladanan, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, dan juga peduli sosial. 2) Metode yang digunakan dalam menanamkan nilainilai pendidikan Islam kepada anak asuh di pondok pesantren nurul ahmadi catak gayam mojowarno jombang adalah dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, pengawasan, dan juga hukuman. 3) kendala dalam upaya penanaman nilai nilai religius di pondok pesantren nurul ahmadi di bagi menjadi 2 antara lain kendala internal seperti malas, kurangnya motifasi dan juga perbedaan tingat pemahaman. Kendala yang selanjutnya adalah kendala eksternal seperti pengaruh teman sebaya, fasilitas penunjang dan juga pihak yang terlibat dalam penanaman nilai nilai religius.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Aqil Azizi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:24
Last Modified: 10 Jul 2023 08:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item