Upaya Kiai dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul Mojoroto Kediri

Jabbar, Moh. Tasi’ul (2015) Upaya Kiai dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul Mojoroto Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (638kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
bab VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang bercorak tradisional untuk memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan moral agama sebagai pedoman hidup bermasyarakat dimana santri-santri menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian. Kiai pada hakikatnya adalah gelar yang diberikan kepada seseorang yang mempunyai ilmu dibidang agama dalam hal ini agama Islam. Untuk itu peneliti menfokuskan penelitian pada: 1) Bagaimana upaya kiai dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kediri? 2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kediri? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data yang tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) Upaya dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah, yaitu dengan memberi materi pelajaran nahwu dalam pengajian harian, menambah jam madrasah diniyah, menyelenggarakan metode muhafadhah, mengadakan syawir, membaca kitab sebelum dan sesudah pelajaran dimulai, tanya jawab pada waku madrasah, dan sorogan. 2) Foktor pendukung dan penghambatnya adalah Adanya kepengurusan pondok pesantren dan kepengurusan Madrasah Diniyah al-Badriyah yang sangat membantu dalam proses pembelajaran, keberadaan santri yang rata-rata telah memiliki pengetahuan dasar, sarana-prasarana yang mendukung, Kurikulum yang sejalan dengan tujuan pembelajaran dan para kesulitan santri ketika mengikuti pembelajaran karena kecapekan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:03
Last Modified: 02 Dec 2019 03:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item