Amalia, Vika Rizky (2023) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Plemahan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932411619_prabab.pdf Download (416kB) |
|
Text
932411619_bab1.pdf Download (279kB) |
|
Text
932411619_bab2.pdf Download (308kB) |
|
Text
932411619_bab3.pdf Download (305kB) |
|
Text
932411619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932411619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
932411619_bab6.pdf Download (196kB) |
|
Text
932411619_daftarpustaka.pdf Download (232kB) |
|
Text
932411619_suratpernyataan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Vika Rizky Amalia, Dosen Pembimbing Dr. Addin Arsyadana, M.Pd.I dan Nurul Hudha Purnomo, M.Pd. Manajemen sarana dan prasarana dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka di SMAN 1 Plemahan. Program studi Manajmen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Manajemen sarana dan prasarana, Kurikulum merdeka Pelaksanaan kebijakan merdeka belajar sangat erat kaitannya dengan sarana dan prasarana yang ada dalam suatu lembaga pendidikan. Untuk mewujudkan kebebasan berpikir diperlukan adanya sarana dan prasarana yang aman dan nyaman agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dalam lingkungan yang kondusif selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dibutuhkan pegelolaan sarana dan prasarana yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana manajemen sarana dan prasarana dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka di SMAN 1 Plemahan. Penlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan data yang sesuai kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian pada kompenen perencanaan sarana dan prasarana meliputi: (1) Kegiatan perencanaan sarana dan prasarana dilakukan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam program P5 dalam kurikulum merdeka yang dilaksanakan untuk peserta didik. (2) Kegiatan pengadaan sarana dan prasarana dilakukan melalui pengajuan sesuai kebutuhan ke BANTAH dan BANSOS. Dan dilakukan atas pertimbangan urgnitas dan program yang telah direncakan oleh tim pengembang. (3) Pada pengaturan sarana dan prasarana di SMAN 1 Plemahan, meliputi: a) inventarisasi, kegiatan ini dilakukan melalui aplikasi SIMBADA. b) distribusi, kegiatan ini dilakukan melalui RKAS. dan c) penyimanan, dilakukan di tempat khusus penyimpanan sarana dan prasarana. (4) Tahap penggunaan sarana dan prasarana di SMAN 1 Plemaan, meliputi: pemanfaatan, pemeliharaan dan penghapusan. Kegiatan - kegiatan ini dilakukan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Vika Rizky Amalia |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 07:48 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 07:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8910 |
Actions (login required)
View Item |