Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Di Dalam Mengembangkan Pendidikan Moral Siswa SMPN 3 Rejoso Nganjuk

Oktaviani, Ida Nur (2023) Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Di Dalam Mengembangkan Pendidikan Moral Siswa SMPN 3 Rejoso Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115619_prabab.pdf

Download (784kB)
[img] Text
932115619_bab1.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932115619_bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932115619_bab3.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932115619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
932115619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
932115619_bab6.pdf

Download (38kB)
[img] Text
932115619_daftarpustaka.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Oktaviani, Ida Nur, Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Taufiq, S.Ag, M.Si dan Khainuddin, M.Pd.I, Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam di dalam Mengembangkan Pendidikan Moral Siswa di SMPN 3 Rejoso Nganjuk. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Inovasi, Guru PAI, Pendidikan Moral Guru PAI berperan penting dalam menemukan suatu ide atau metode di dalam mengembangkan moral siswa. Guru harus mempertimbangkan inovasi mana dalam pendidikan agama Islam yang paling cocok untuk menumbuhkan perilaku dan moralitas yang baik pada siswa mereka. Guru PAI dapat memberikan bimbingan dan pengajaran moral melalui materi-materi pelajaran agama islam maupun menciptakan suatu kegiatan yang baru untuk mengembangkan moral siswa. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis inovasi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam di dalam mengembangkan pendidikan moral siswa SMPN 3 Rejoso Nganjuk. 2) Untuk mendiskripsikan hasil inovasi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam di dalam mengembangkan pendidikan moral siswa SMPN 3 Rejoso Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru pendidikan agama islam dan siswa-siswi di SMPN 3 Rejoso Nganjuk, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi dengan metode. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengambil beberapa tahapan penelitian yaitu tahap perencanaan, tahap tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan: 1) Terdapat beberapa inovasi yang dilakukan guru PAI di dalam mengembangkan pendidikan moral siswa. Diantaranya membentuk beberapa agenda kegiatan yang harus dilaksanakan para siswa di sekolah seperti pembiasaan 3S (senyum, salam, dan sapa), sholat dhuhur berjamaah, jumat bersih, jumat infaq. Tidak hanya kegiatan tersebut, guru PAI juga menanamkan moral terhadap siswa melalui penyampaian materi di dalam kelas. Seperti memberikan nasehat, motivasi, dan mencontohkan perilaku yang baik secara langsung terhadap siswa. 2) Hasil dari diterapkannya inovasi dari guru PAI terhadap siswa dalam mengembangkan pendidikan moral telah dirasa baik dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Guru PAI berhasil menumbuhkan nilai-nilai moral dalam diri siswa melalui inovasi yang telah diberikan. Seperti rasa tanggung jawab, sopan santun, peduli terhadap sesama dan lain-lain. Perilaku baik yang telah tertanam dalam diri siswa tidak hanya dijalankan oleh siswa di lingkungan sekolah saja, melainkan di rumah dan lingkungan masyarakat juga.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Nur Oktaviani
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:44
Last Modified: 11 Jul 2023 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item