Muna, Nazalatul (2023) Interaksi Edukatif Pada Program Biah Islamiyyah Di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM)Grogol-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100419_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932100419_bab1.pdf Download (478kB) |
|
Text
932100419_bab2.pdf Download (466kB) |
|
Text
932100419_bab3.pdf Download (618kB) |
|
Text
932100419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932100419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
Text
932100419_bab6.pdf Download (311kB) |
|
Text
932100419_daftarpustaka.pdf Download (437kB) |
Abstract
ABSTRAK Muna, Nazalatul. 2023. Interaksi Edukatif Pada Program Biah Islamiyyah di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Grogol-Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing (1) H. Saefullah, M.Ag., dan (2) M. Bik Muhtaruddin, M.Th. Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Biah Islamiyyah Pendidikan diartikan sebagai suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin untuk menghadapi lingkungannya sehingga menimbulkan perubahan dalam dirinya. Sebagaimana pada bidang pendidikan, interaksi tidak hanya terjadi sebagai kegiatan timbal balik semata, melainakan terjadinya interaksi secara edukatif yang mana interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran. Kemudian Biah Islamiyyah diartikan sebagai suatu kondisi atau lingkungan yang menerapkan aturan-aturan Islam (bersifat Islami). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pola Interaksi Edukatif pada Program Biah Islamiyyah di di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Grogol-Kediri, (2) Jenis Interaksi Edukatif pada Program Biah Islamiyyah di di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Grogol-Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui bahan referensi dan membercheck. Model analisis data yang digunakan adalah teori Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan (1) pola interaksi yang terjadi pada program Biah Islamiyyah di masing-masing kegiatan meliputi pola komunikasi satu arah terjadi pada pemutaran tartil juz 30 di Kamis pagi, pola komunikasi dua arah terjadi pada morning activity meliputi: pembacaan dzikir ma‟tsurat, pembacaan Yaasin, pembacaan tartil sebelum adzan, pembiasaan doa sebelum dan sesudah belajar, pembiasaan doa sebelum dan sesudah makan, pola komunikasi banyak arah pada 5S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan,santun. Kemudian (2) jenis interaksi edukatif pada program Biah Islamiyyah yang ditemukan yaitu terdapat komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi verbal meliputi; bahasa lisan, poster digital dan cetak, jadwal tertulis sedangkan komunikasi non verbal yaitu perilaku atau tindakan digunakan sebagai contoh teladan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nazalatul Muna |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
View Item |