Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj Wates Kediri

Salsabilla, Anggita Candra (2023) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131719_prabab.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932131719_babI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932131719_babII.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932131719_babIII.pdf

Download (114kB)
[img] Text
932131719_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
932131719_babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
932131719_BABVI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
932131719_daftar_pustaka.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932131719_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932131719_suratpublikasi.pdf

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj Wates Kediri, (2) Hasil Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj Wates Kediri. Banyak sekali anak yang menginjak masa dewasa mengikuti perkembangan zaman dan terlibat oleh pergaulan bebas. Hal ini dikarenakan tidak sedikit bagi mereka yang kurang dibekali dengan ilmu agama. Bernagkat dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti terkait dengan topik “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj Wates Kediri”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana peneliti menggali secara mendalam pada objek penelitian untuk mendapatkan data yang lengkap. Subjek pada penelitian ini adalah Madrsah Tsanawiya Terpadu Al Minhaaj Wates Kediri. Objek penelitiannya adalah Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis naratif dengan langkah-langkah reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan beberapa sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode yang digunakan pada pengimlemplemantasian pembelajaran kitab kuning pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj adalah dengan menggunakan metode sorogan, bandongan dan syawir. (2) Hasil dari Implemtasi pembelajaran kitab kuning pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Minhaaj adalah siswa dapat memahami makna dari pembelajaran kitab kuning. Siswa dapat memahami ilmu dasar yang digunakan untuk memahami dan membaca kitab kuning dengan benar. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketika belajar bersama dengan teman-temannya mereka dapat melakukan baca simak dengan benar dan mereka juga dapat meraih juara dalam perlombaan. Kata Kunci: pembelajaran, kitab kuning, madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggita Candra Salasabila
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:38
Last Modified: 27 Jun 2023 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item