Strategi Kiai Meningkatkan Pemahaman Santri Pada Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Dukun Gresik

Ni'mah, Miftahun (2023) Strategi Kiai Meningkatkan Pemahaman Santri Pada Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Dukun Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131219_babI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932131219_babII.pdf

Download (395kB)
[img] Text
932131219_babIII.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932131219_prabab.pdf

Download (578kB)
[img] Text
932131219_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
932131219_babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
932131219_babVI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932131219_daftar_pustaka.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932131219_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
932131219_pernyataanpublishkaryailmiah.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi kiai dalam meningkatkan pemahaman santri pada kitab kuning dengan metode bandongan di pondok pesantren sunan drajat dukun Gresik. Strategi kiai merupakan sebuah cara yang digunakan kiai dalam menyiapkan pengajarannya sebelum dilaksanakannya pembelajaran untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Salah satu pembelajaran bersama kiai di pondok pesantren sunan drajat dukun Gresik adalah kitab kuning, kitab kuning merupakan inti pokok pembelajaran yang harus dipahami setiap santri. Dalam memahami kitab kuning santri pondok pesantren sunan drajat dukun Gresik kurang mampu dan merasa kesulitan dalam memahami isi keterangan dan membacanya. Kurangnya pemahaman kitab kuning pada santri menurut penulis adalah tidak adanya latihan khusus dalam cara membaca kitab kuning dari pengasuh mengenai pemahaman kitab kuning, kiai hanya menyediakan metode bandongan dan sekolah diniah dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendapatkan sumber data dari kiai, keturunan kiai, ustadzah, dan santri. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di Pondok Pesantren Sunan Drajat Dukun Gresik bedasarkan fokus penelitian pertama. Pertama,kiai membaca kitab kuning dengan pelan dan berulang-ulang. Kedua, kiai membaca kitab kuning dengan nada sinden. Ketiga, kiai memberikan pembelajaran kitab kuning dengan metode bandongan secara khusus dan umum. Bedasarkan fokus penelitian kedua hasil penelitiannya adalah pelaksanaan pengajian kitab kuning dengan metode bandongan di laksanakan hanya pada malam sabtu, malam senin, malam selasa, malam kamis pada pukul 20.00-21.00 di Musholla pondok pesantren sunan drajat dukun Gresik. Sebelum pengajian di mulai takmir musholla menyalakan speaker rekaman murottal imam Makkah sebagai tanda pengajian segera dimulai. Sebelum membaca kitab kuning kiai bertawasul terlebih dahulu kemudian dilanjutkan kiai membaca dan menerangkan kitab kuning dengan nada sinden, pelan dan berulang-ulang. Sebelum pengajian di akhiri kiai menyimpulkan dan di tutup dengan do’a. Hasil penelitian bedasarkan fokus penelitian ketiga adalah di dalam faktor pemahaman belajar santri terdapat dua faktor di dalamnya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang pertama, santri semakin giat dalam memperdalam ilmu nahwu dan sharaf. Kedua, santri merasa bosan atau jenuh dan mengantuk. Faktor eksternal yaitu santri terkendala dalam bahasa. Kata Kunci: Strategi Kiai, Metode Bandongan, Faktor Pemahaman Santri

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahun Ni'mah
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:39
Last Modified: 27 Jun 2023 06:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item