Anisa, Maya Nur (2023) Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur'an Bersama Sebagai Pendidikan Karakter Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107419_prabab.pdf Download (760kB) |
|
Text
932107419_bab1.pdf Download (321kB) |
|
Text
932107419_bab2.pdf Download (591kB) |
|
Text
932107419_bab3.pdf Download (289kB) |
|
Text
932107419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text
932107419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
932107419_bab6.pdf Download (185kB) |
|
Text
932107419_daftarpustaka.pdf Download (414kB) |
|
Text
932107419_pernyataanpersetujuan.pdf Download (193kB) |
Abstract
Penerapan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah di Indonesia belum seluruhnya dapat dilaksanakan secara optimal dan masih mengalami beberapa permasalahan. Diantaranya, masih kurang dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendukung, penerapan nilai-nilai karakter belum tampak dalam pembelajaran di sekolah, kurangnya sinergitas antar pendidikan di sekolah dan pendidikan di rumah, kurangnya pemahaman guru dalam implementasi pendidikan karakter, monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembiasaan pengawas di setiap sekolah. Dengan adanya pembiasaan tadarus Al-Qur’an serupa dengan salah satu metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pendidikan karakter yaitu metode pembiasaan. Melalui pembiasaan, peserta didik tidak hanya belajar benar dan salah, tetapi juga akan merasakan dan dapat membedakan nilai baik dan tidak baik serta anak akan bersedia melakukannya atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pelaksanaan pembiasaan kegiatan tadarus Al-Qur’an bersama di MAN 1 Kota Kediri?, 2) Relevansi pembiasaan kegiatan tadarus Al-Qur’an bersama dengan karakter peserta didik di MAN 1 Kota Kediri?, 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembiasaan kegiatan tadarus Al-Qur’an bersama di MAN 1 Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana peneliti menggunakan triangulasi untuk pengecekan keabsahan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur’an di MAN 1 Kota Kediri terdapat Tiga tahapan, yaitu pertama proses membaca, kedua proses menyimak, dan ketiga mempelajari ayat-ayat Al-Qur’an. 2) Relevansi dari pembiasaan tadarus Al-Qur’an di MAN 1 Kota Kediri karakter peserta didik memperoleh Tujuh dari 18 nilai karakter, meliputi nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, gemar membaca, dan tanggung jawab. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur’an di MAN 1 Kota Kediri, diantaranya Peran guru, Peran peserta didik, Sarana dan prasarana (fasilitas), Keterlibatan dengan organisasi SKI, Kesadaran dan kemauan serta kemampuan seluruh masyarakat madrasah dalam melaksanakan tadarus Al-Qur'an. Kata kunci: Pembiasaan, Tadarus Al-Qur’an, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maya Nur Anisa |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 04:14 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 04:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8794 |
Actions (login required)
View Item |