Safitri, Diyana Maya (2022) Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Toleransi Beragama Siswa Di SMPN 2 Ngancar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109418_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109418_BAB 1.pdf Download (445kB) |
|
Text
932109418_BAB II.pdf Download (579kB) |
|
Text
932109418_BAB III.pdf Download (329kB) |
|
Text
932109418_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
932109418_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Text
932109418_BAB VI.pdf Download (202kB) |
|
Text
932109418_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
932109418_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932109418_sp.pdf Download (354kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keragaman budaya, adat istiadat, suku, bahasa dan agama. Keragaman ini merupakan keistimewaan yang dimiliki bangsa Indonesia yang patut kita banggakan, namun disisi lain juga merupakan tantangan yang harus dikelola dengan baik. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah membangun sikap toleransi dalam diri peserta didik, toleransi antar umat beragama merupakan hal yang sangat penting karenan dengan adanya sikap toleransi pada setiap diri individu maka akan terwujudnya kehidupan yang rukun dan damai. Adapun Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan toleransi beragama di SMPN 2 Ngancar? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam mengembangkan toleransi beragama siswa di SMPN 2 Ngancar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu melakukan reduksi data, menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, menyimpulkan data atau memverifikasi data. Dan pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan penelitian, pengecekan keabsahan data dan melakukan teknik triangulasi Adapun hasil penelitian ini adalah 1) pengembangan toleransi beragama siswa di SMPN 2 Ngancar: tidak mempermasalahkan keyakinan, saling menghargai sesama dan menghormati perbedaan keyakinan. 2) peran guru PAI dalam mengembangkan toleransi beragama siswa di SMPN 2 Ngancar: menunjukkan sikap anti diskriminasi, b) keteladanan, c) kegiatan sekolah, d) pengintegrasian ke dalam mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Diyana Maya Safitri |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 08:25 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 06:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8657 |
Actions (login required)
View Item |