Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Religiusitas Siswa Di SMPN 02 kepanjen-Malang

Khoironi, Mayang Amalia (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Religiusitas Siswa Di SMPN 02 kepanjen-Malang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118318_Prabab.pdf

Download (545kB)
[img] Text
932118318_BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
932118318_BAB II.pdf

Download (687kB)
[img] Text
932118318_BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
932118318_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932118318_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
932118318_BAB VI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932118318_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
932118318_sp.pdf

Download (296kB)

Abstract

Abstrak Mayang Amalia Khoironi, 2022. Upaya Guru Pendidikan Agama Islamdalam Menumbuhkan Religiusitas Siswa Di Smpn 02 Kepanjen-Malang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islamnegeri (Iain) Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. Muhammad Yasin, S.Ag,. M, Pd. (2) Erwin Indriko, M. Pd.I. Kata Kunci : Upaya Guru Pai, Religiusitas Mewujudkan Manusia Yang Mempunyai Sikap Religius Adalah Tujuan Yangingin Dicapai Dari Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Disamping Itu, Pendidikanadalah Wahana Untuk Mencetak Generasi Muda Yang Sangat Penting Bagi Masa Depannegeri Ini Yang Dibutuhkan Sekarang Adalah Guru Pendidikan Agama Islam (Pai)Yang Mampu Memberikan Filter Terhadap Nilai-Nilai Mana Yang Boleh Diambil Dantidak Boleh Diambil, Sehingga Dengan Demikian Pendidikan Agama Islam Yangdilakukan Mampu Mewujudkan Tujuan Secara Optimal. Tujuan Penelitian Ini Adalah:(1) Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalammenumbuhkan Religiusitas Siswa Di Smpn 02 Kepanjen-Malang. (2) Untukmendeskripsikan Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Guru Pendidikan Agamaislam Dalam Upaya Menumbuhkan Religiusitas Siswa Di Smpn 02 Kepanjenmalang. Dalam Penelitian Ini Peneliti Menggunakan Pendekatan Kualitatif Denganrancangan Penelitian Studi Kasus. Data Yang Didapatkan Diperoleh Melalui Proseswawancara Mendalam, Observasi, Dan Dokumentasi. Adapun Sumber Data Dalampenelitian Ini Adalah Waka Kurikulum, Guru Pai, Waka Kesiswaan, Siswa. Analisisdata Dilakukan Dengan Cara Menelaah Seluruh Data Yang Ada, Reduksi Data, Pengecekan Keabsahan Data, Ketekunan Pengamatan Dan Triangulasi. Dari Penelitian Yang Telah Dilaksanakan Memperoleh Hasil Sebagai Berikut:1) Upaya Guru Pai Meningkatkan Religiusitas Siswa Di Smpn 02 Kepanjen Denganmenerapkan Program-Program Keagamaan, Menerapkan Pembiasaan, Sertamemberikan Keteladanan. 2) Religiusitas Siswa Di Smpn 02 Kepanjen Dapatditunjukkan Dari Perilaku Siswa Seperti Menerapkan 3s (Senyum, Salam, Sapa), Membaca Al- Rpartisipasi Dalam Kegiatan Keagamaan, Dannilai Siswa Memenuhi Standar Kkm Yang Ditetapkan Sekolah. 3) Faktor Pendukungguru Pai Dalam Menumbuhkan Religiusitas Siswa Yaitu Adanya Dukungan Darikepala Sekolah Dan Guru-Guru Di Smpn 02 Kepanjen, Fasilitas Yang Memadai, Sertakegiatan Keagamaan Yang Sudah Di Program Sebaik Mungkin. Faktor Penghambatdalam Menumbuhkan Religiusitas Iswswa Di Smpn 02 Kepanjen Yaitu, Kurangnyadukungan Dari Orang Tua Siswa, Latar Belakang Keluarga Siswa Yang Berbeda-Beda, Serta Pengaruh Dari Teman Sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mayang AMalia Khoironi
Date Deposited: 29 May 2023 04:23
Last Modified: 29 May 2023 04:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item