Rokhmansyah, Akhmad Fitra Fatkhur (2017) Dampak Iklan Mars Perindo Sebagai Komunikasi Politik Pada Mahasiswa STAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
Halaman Pengesahan_Nota Dinas.pdf Download (739kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (205kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (470kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (227kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
Bab 6.pdf Download (89kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (282kB) |
|
Text
Biografi Penulis_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan aktivitas yang tidak terpisahkan dari keseharian manusia di berbagai bidang. Termasuk dalam aktivitas politik, komunikasi memainkan peranan yang penting dalam penyampaian gagasan – gagasan informasi kepada publik dengan petunjuk simbol, slogan, atau tema pokok, baik melalui media cetak atau media elektronik (televisi, radio). Iklan merupakan salah satu media penyampaian gagasan atau slogan yang banyak digunakan oleh partai politik (iklan politik) untuk mendapatkan kepercayaan publik, termasuk iklan mars partai Perindo. Dengan demikian masyarakat pada umumnya dan mahasiswa STAIN Kediri khususnya, akan selalu bertemu iklan tersebut yang tayang pada channel MNC Grup, ketika mereka menonton televisi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti merumuskan fokus penelitian, antara lain: 1). Bagaimana terpaan iklan mars partai Perindo pada mahasiswa STAIN Kediri, 2). Bagaimana dampak iklan mars partai Perindo pada mahasiswa STAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah 10 informan mahasiswa STAIN Kediri dan hasil wawancara dengan Hary Tanoesoedibjo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara (In-Depth Interview), metode observasi pasif dan studi kepustakaan serta dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan propaganda model Bruce L Smith (Encyclopedia Social Science) dan hasil temuan juga di analisis dengan menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Terpaan iklan mars partai Perindo mampu mengambil perhatian mahasiswa STAIN Kediri dengan frekuensi penayangan yang sering di setiap jeda acara pada stasiun televisi MNC Group, sehingga membuat beberapa mahasiswa STAIN Kediri hafal lagu mars partai Perindo disebabkan mudah untuk dihafalkan. 2). Propaganda merupakan salah satu bentuk komunikasi politik yang terbilang cukup efektif dalam mempengaruhi masyarakat, namun teori ini tidak terlalu mampu mempengaruhi sudut pandang pemikiran mahasiswa STAIN Kediri sebab mereka menilai iklan mars Perindo hanya sebatas pencitraan dari sebuah partai, dan iklan tersebut tidak mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap mahasiswa STAIN Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 26 Dec 2018 09:46 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 09:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |