Kualitas Pelayanan Penjahit Paguyuban Melati Jaya Desa Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Islam Dan Etika Bisnis Islam

Zamzami, Moh Jihan (2022) Kualitas Pelayanan Penjahit Paguyuban Melati Jaya Desa Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Islam Dan Etika Bisnis Islam. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500719005_prabab.pdf

Download (716kB)
[img] Text
92500719005_bab1.pdf

Download (642kB)
[img] Text
92500719005_bab2.pdf

Download (784kB)
[img] Text
92500719005_bab3.pdf

Download (407kB)
[img] Text
92500719005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
92500719005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
92500719005_bab6.pdf

Download (200kB)
[img] Text
92500719005_daftar_pustaka.pdf

Download (403kB)
[img] Text
92500719005_suratpernyataan.pdf

Download (341kB)

Abstract

ABSTRAK MOH JIHAN ZAMZAMI, 2022, Kualitas Pelayanan Penjahit Paguyuban Melati Jaya Desa Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Islam Dan Etika Bisnis Islam, Ekonomi Syariah, Pascasarjana, IAIN Kediri, Pembimbing 1 : Dr. Jamaluddin Achmad Kholik, MA. Pembimbing 2 : Dr.Nurul Hanani, M,HI Kata kunci : pelayanan, pelayanan islam, etika bisnis islam Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai totalitas karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuan memuaskan kebutuhan dispesifikasikan dan ditetapkan. Menjual jasa atau layanan kepada orang lain diperbolehkan dalam ajaran islam. Sama halnya dengan penjualan barang dan komoditas, penjualan jasa diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayan ditinjau dari kualitas pelayanan islam dan etika bisnis islam Jenis penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Sumber data penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Data tersebut di olah untuk dijadikan sebuah landasan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui beberapa Teknik tersebut kemudian dikategorikan, dijelaskan hubungan-hubunganya melalui analisis dalam kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Para penjahit di desa Banjarmlati mengaplikasikan lima karakteristik kualitas pelayanan yaitu: Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (Jaminan), Tangiable (bukti langsung). Disamping itu bahwa Para penjahit di desa Banjarmlati juga mengaplikasikan beberapa karakteristik kualitas pelayanan islam yang meliputi jujur (as-shidiq), dapat dipercaya (al-amanah), tidak berdusta (al-kadzib), melayani dengan rendah hati (alkhidmah). Jujur (as-shidiq), namun masih terdapat kekurangan dalam hal waktu, sering terjadi keterlambatan order pesanan. Lima prinsip dalam etika bisnis yang meliputi: kesatuan (unity), keseimbangan (equiblirium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran (ihsan), telah dilaksanakan oleh para penjahit di desa Banjarmlati yang ternaung dalam paguyuban melati jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh Jihan Zamzami
Date Deposited: 15 May 2023 08:13
Last Modified: 15 May 2023 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item