Zamzami, Moh Jihan (2022) Kualitas Pelayanan Penjahit Paguyuban Melati Jaya Desa Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Islam Dan Etika Bisnis Islam. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92500719005_prabab.pdf Download (716kB) |
|
Text
92500719005_bab1.pdf Download (642kB) |
|
Text
92500719005_bab2.pdf Download (784kB) |
|
Text
92500719005_bab3.pdf Download (407kB) |
|
Text
92500719005_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text
92500719005_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text
92500719005_bab6.pdf Download (200kB) |
|
Text
92500719005_daftar_pustaka.pdf Download (403kB) |
|
Text
92500719005_suratpernyataan.pdf Download (341kB) |
Abstract
ABSTRAK MOH JIHAN ZAMZAMI, 2022, Kualitas Pelayanan Penjahit Paguyuban Melati Jaya Desa Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Islam Dan Etika Bisnis Islam, Ekonomi Syariah, Pascasarjana, IAIN Kediri, Pembimbing 1 : Dr. Jamaluddin Achmad Kholik, MA. Pembimbing 2 : Dr.Nurul Hanani, M,HI Kata kunci : pelayanan, pelayanan islam, etika bisnis islam Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai totalitas karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuan memuaskan kebutuhan dispesifikasikan dan ditetapkan. Menjual jasa atau layanan kepada orang lain diperbolehkan dalam ajaran islam. Sama halnya dengan penjualan barang dan komoditas, penjualan jasa diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayan ditinjau dari kualitas pelayanan islam dan etika bisnis islam Jenis penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Sumber data penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Data tersebut di olah untuk dijadikan sebuah landasan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui beberapa Teknik tersebut kemudian dikategorikan, dijelaskan hubungan-hubunganya melalui analisis dalam kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Para penjahit di desa Banjarmlati mengaplikasikan lima karakteristik kualitas pelayanan yaitu: Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (Jaminan), Tangiable (bukti langsung). Disamping itu bahwa Para penjahit di desa Banjarmlati juga mengaplikasikan beberapa karakteristik kualitas pelayanan islam yang meliputi jujur (as-shidiq), dapat dipercaya (al-amanah), tidak berdusta (al-kadzib), melayani dengan rendah hati (alkhidmah). Jujur (as-shidiq), namun masih terdapat kekurangan dalam hal waktu, sering terjadi keterlambatan order pesanan. Lima prinsip dalam etika bisnis yang meliputi: kesatuan (unity), keseimbangan (equiblirium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran (ihsan), telah dilaksanakan oleh para penjahit di desa Banjarmlati yang ternaung dalam paguyuban melati jaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Moh Jihan Zamzami |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8237 |
Actions (login required)
View Item |