Integrasi Kurikulum Pesantren Dengan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri

Arifin, Zainal (2021) Integrasi Kurikulum Pesantren Dengan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619051_prabab.pdf

Download (298kB)
[img] Text
92101619051_bab1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
92101619051_bab2.pdf

Download (198kB)
[img] Text
92101619051_bab3.pdf

Download (145kB)
[img] Text
92101619051_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
92101619051_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
92101619051_bab6.pdf

Download (80kB)
[img] Text
92101619051_daftarpustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK ZAINAL ARIFIN, (1) Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. (2) Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. : Integrasi Kurikulum Pesantren dengan Kurikulum 2013 di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Integrasi Kurikulum Pesantren, Kurikulum 2013. Dalam menghadapi kenyataan yang serba tanggung bahwa output madrasah pengetahuan agamanya tidak mendalam dan pengetahuan umumnya juga rendah, maka MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri melakukan sebuah terobosan yaitu mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui: 1) Bagaimana kurikulum pesantren di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah kediri. 2) Bagaimana implementasi integrasi kurikulum pesantren dengan Kurikulum 2013 di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah kediri. 3) Bagaimana hasil integrasi kurikulum pesantren dengan Kurikulum 2013 di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian ini, adalah sebagai berikut: (1) Penerapan integrasi kurikulum di MA Hidayatus Sholihin, kurikulumnya ada dua, yaitu kurikulum pondok yakni kurikulum pesantren dan satunya kurikulum sekolah / madrasah. Dalam mengajar mata pelajaran yang notabene kurikulum pesantren guru memberlakukan sama terhadap semua siswa baik yang domisili di pesantren maupun yang tidak. (2) Dengan adanya penambahan kurikulum pesantren di MA Hidayatus Sholihin Turus maka pelaksanaan kurikulum 2013 dalam alokasinya ada yang tetap sesuai dengan alokasi yang telah di tetapkan oleh Kementerian Agama RI sesuai dengan KMA nomor 183 tahun 2019 dan ada yang mengalami pengurangan. Kemudian dari segi waktu pertatap muka yang seharusnya 45 menjadi 40 menit perjam pelajaran. (3) Dalam pelaksanaannya kurikulum pesantren ini tidak disendirikan, ada yang diletakkan pada jam awal dan juga ada yang berada di jam akhir pelajaran. Semisal mata pelajaran bulughul Marom atau Jawahirul Bukhori yang diintegrasikan dengan mata pelajaran al-Qur’an Hadis, pembelajarannya di laksanakan pada jam awal, tengah dan juga ada yang di akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:25
Last Modified: 27 Mar 2023 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item View Item