Ma'rifah, Anifatum (2021) Problematika Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Di Dusun Klampok Rejo Desa Blaru Kecamatan Badas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932132917_bab1.pdf Download (331kB) |
|
Text
932132917_bab2.pdf Download (446kB) |
|
Text
932132917_bab3.pdf Download (330kB) |
|
Text
932132917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
932132917_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
932132917_bab6.pdf Download (196kB) |
|
Text
932132917_daftarpustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text
932132917_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Anifatum Ma’rifah, 932132917, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Yasin, M.Pd dan M. Nabil Khasbullah, M.Pd.I, Problematika Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi di Dusun Klampok Rejo Desa Blaru Kecamatan Badas, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2021. Kata Kunci: Problematika Orang Tua, Belajar, Pembelajaran Daring Orang tua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan anakanaknya. Dimanapun anak tersebut menjalani pendidikan, orang tua sangat berperan penting dalam menentukan masa depan pendidikan anak-anaknya. Adapun peran orang tua sangat diperlukan untuk proses pembelajaran anak selama belajar di rumah. Begitu juga yang dihadapi orang tua selama pembelajaran daring atau jarak jauh anak harus belajar di rumah selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Problematika orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi di Dusun Klampok Rejo Desa Blaru Kecamatan Badas. 2) Solusi yang diterapkan orang tua untuk mengatasi problematika dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi di Dusun Klampok Rejo Desa Blaru Kecamatan Badas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari orang tua. Adapun pegecekan keabsahan data berupa perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa problematika yang dihadapi orang tua ketika mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi adalah 1) Kesulitan menggunakan teknologi dan keterbatasan kuota. 2) Kurangnya pemahaman materi. 3) Keterbatasan waktu. 4) Kesulitan menumbuhkan motivasi dan minat belajar anak. Solusi yang diterapkan orang tua untuk mengatasi problematika dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi yaitu dengan cara meminta orang lain untuk membantu dalam menggunakan teknologi, berkomunikasi langsung dengan guru untuk menjelaskan materi secara online, mengatur dan membuat jadwal tentang kegiatan belajar anak dengan pekerjan orang tua, memberikan penguatan dan dorongan agar anak tetap belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 03:39 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8011 |
Actions (login required)
View Item |