Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pai Di SLB-B Putera Asih Kota Kediri

Firdaus, Ahmad Nur Wildanul (2022) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Pai Di SLB-B Putera Asih Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932124318_bab1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
932124318_bab2.pdf

Download (868kB)
[img] Text
932124318_bab3.pdf

Download (813kB)
[img] Text
932124318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
932124318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
932124318_bab6.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932124318_daftar_pustaka.pdf

Download (583kB)
[img] Text
932124318_suratpernyataan.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan guru yang mengajar PAI bukan dari guru PAI. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PAI di SLB-B Putera Asih Kota Kediri?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri di SLB-B Putera Asih Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Relfeksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas dianalisis melalui teknik pengumpulan data yang diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes belajar. Hasil penelitian ini: 1) implementasi model pembelajaran inkuiri mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SLB-B Putera Asih Kota Kediri digunakan untuk mencari dan memahami suatu permasalahan yang diberikan peneliti kepada siswa dalam bentuk pre-test dan post-test. Penerapan inkuiri yang diterapkan pada siswa kelas VIII, siswa dituntut untuk membuat hipotesis jawaban sementara dengan menggunakan handphone, setelah data terkumpul siswa menjawab dengan hipotesis mereka. Dengan penerapan inkuiri ini siswa dapat melatih untuk membuat hipotesis tindakan mereka sendiri. Setiap siklus terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir; dan 2) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SLB-B Putera Asih Kota Kediri. Diketahui dari hasil ketuntasan siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 16,70%, dan meningkat menjadi 83,30% ketuntasan siswa setelah diberikan tindakan. Pada siklus I kriteria ketuntasan siswa sebesar 33,40 siswa yang tuntas, dan 66,60% siswa yang dinyatakan belum tuntas, pada siklus II hasil ketuntasan siswa sebesar 83,30 siswa yang tuntas dan 16,70% siswa dinyatakan tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHmad Nur Wildanul Firdaus
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:42
Last Modified: 10 Apr 2023 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item