Sari, Filda Fatmala (2022) Problematika Budaya Akademik Siswa Di Mtsn 9 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103616_prabab.pdf Download (756kB) |
|
Text
932103616_prabab.pdf Download (756kB) |
|
Text
932103616_bab1.pdf Download (491kB) |
|
Text
932103616_bab2.pdf Download (346kB) |
|
Text
932103616_bab3.pdf Download (342kB) |
|
Text
932103616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text
93203616_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Text
932103616_bab6.pdf Download (185kB) |
|
Text
932103616_daftarpustaka.pdf Download (404kB) |
|
Text
932103616_suratpernyataan.pdf Download (336kB) |
Abstract
ABSTRAK FILDA FATMALA SARI, 2022. Problematika Budaya Akademik Siswa di MTsN 9 Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing : (1) Dr. Muhammad Yasin, M.Pd. dan (2) Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. Kata Kunci : Budaya Akademik Siswa, Madrasah Tsanawiyah Negeri. Budaya akademik merupakan kebiasan-kebiasan sekolah atau madrasah yang menjadikan ciri khas suatu lembaga dalam kaitannya dengan masalah system pembelajaran, kurikulum yang di pakai dan metode yang di gunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Mendeskripsikan Problematika Budaya Akademik siswa pada gedung 1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Kabupaten Kediri, (2) Mendeskripsikan Problematika Budaya Akademik siswa pada gedung 2 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Kabupaten Kediri, (3) Mendeskripsikan Problematika Budaya Akademik siswa pada gedung 3 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Kabupaten Kediri, (4) Mendeskripsikan Solusi dalam menjaga budaya akademik siswa agar tetap optimal di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Kabupaten Kediri. Dalam mengungkap dan membahas fenomena ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam rangka memperoleh temuan yang sesuai dengan fokus permasalahan, proses analisa dilakukan melalui tiga langkah, yaitu: pertama mereduksi data untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan memudahkan pengumpulan data, kedua penyajian paparan data untuk meningkatkan pemahaman kasus dan sebagai acuan pengambilan tindakan, ketiga penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian untuk menjawab fokus penelitian berdasarkan hasil analisis data. Dalam penelitian ini ada tiga temuan penting yaiu: (1)Budaya akademik di MTsN 9 Kabupaten Kediri meliputi ppembiasaan pagi (membaca doa’doa pendek, sholat dhuha, pembiasaan tahfidz seperti BTQ, membaca sholawat, yasin dan tahlil), bimbingan olimpiade, kegiatan pendukung ekstrakurikuler. (2) Problematika budaya akademik di MTsN 9 Kabupaten Kediri meliputi sarana dan prasarana, kenakalan remaja, kesulitan belajar siswa. (3) Solusi mengatasi problematika budaya akademik siswa di MTsN 9 Kabupaten Kediri meliputi pendidik melakukan beberapa metode, seperti halnya keterbatasan sarana prasarana belum tersediannya ruang perpustakaan digedung 2 pendidik melakukan koordinasi dapat antisipasi dengan mendatangkan perpustakaan keliling, siswa berkunjung diperpustakaan umum serta siswa dapat mengunjungi perpustakaan di gedung 1, problematika kedisiplinan pada siswa dapat diatasi dengan pendekatan yang dilakukan oleh pendidik serta orang tua guna pengawasan diluar sekolah, problematika kesulitan belajar pada siswa dapat diatasi dengan pendekatan kepada siswa yang bersangkutan untuk mencari tau penyebabnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Filda Fatmala Sari |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 06:40 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 06:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7868 |
Actions (login required)
View Item |