Metode Pembiasaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di SMPN 5 Nganjuk

Panjalu, Iqbal (2021) Metode Pembiasaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di SMPN 5 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
skripsi iqbal panjaluu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Penanaman nilai karakter religius pada akhir-akhir ini sudah mulai diterapkan oleh berbagai Lembaga Pendidikan, karena pada akhir-akhir ini banyak siswa yang mulai terpengaruh oleh media sosial serta kurangnya pengamanan dari pihak keluarga mengenai perilaku religius maka dari itu sangatlah penting bagi sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan yang bersangkutan dengan penanaman nilai-nilai religius siswa yang bertujuan untuk mencegah perilaku negatif pada siswa. Berdasarkan gambaran tersebut,fokus penelitian yang dikaji adalah : 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMPN 5 Nganjuk?. 2) Bagaimana hambatan guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di SMPN 5 Nganjuk?. 3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan karakter religius siswa di SMPN 5 Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Strategi guru PAI dalam Pelaksanaan pembelajaran yang berbasis karakter religius meliputi dua kegiatan yang mana kegiatan pembelajaran didalam kelas yang berupa pembiasaan berdo'a sebelum pembelajaran dimulai, membaca surat-surat pendek, melaksanakan infaq setiap hari jum'at dan kegiatan pembelajaran diluar kelas meliputi pembiasaan sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha berjamaah, bersalaman jika bertemu guru diluar kelas dan kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi MTQ/Qiro'at dan hadroh.2. Faktor penghambat guru PAI dalam menanamkan karakter religius di SMPN 5 Nganjuk dibagi menjadi dua sifat yaitu internal dan eksternal. Hambatan tersebut berupa kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya motivasi dan antusias siswa, masih banyaknya siswa yang belum bisa membaca Al-Qur'an, dan lingkungan keluarga. 3. solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan karakter religius siswa di SMPN 5 Nganjuk dengan meningkatkan kedisiplinan siswa dengan mengadakan penertiban, Pendekatan secara emosional, dibiasakan membaca Al�Qur'an setiap pagi diawal pembelajaran, dan jugs sekolah mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa mengenai pentingnya menanamkan karakter religius bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Panjalu Permana
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:04
Last Modified: 28 Feb 2023 08:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7812

Actions (login required)

View Item View Item