Upaya Pengasuh Panti Asuhan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadiyah Kota Kediri)

Putriya, Tina (2018) Upaya Pengasuh Panti Asuhan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadiyah Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101814_prabab.pdf

Download (702kB)
[img] Text
932101814_bab1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932101814_bab2.pdf

Download (267kB)
[img] Text
932101814_bab3.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932101814_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
932101814_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
932101814_bab6&daftarpustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Tina Putriya, Dosen Pembimbing Dr. Anis Humaidi, M.Ag dan Dra. Fartika Ifriqia, M.Pd : Upaya Pengasuh Panti Asuhan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadiyah Kota Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: Upaya Pengasuh, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam merupakan suatu kegiatan yang mengarahkan perkembangan seseorang agar sejalan dengan nilai-nilai Islam. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam tidak terlepas dari adanya sebuah tujuan, yang mana dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam tentu dibutuhkan metode yang sesuai dengan nilai-nilai yang disampaikan. Dengan harapan akan memperoleh konsep diri yang baik serta menjadi insan kamil melalui penanaman nilai-nilai agama yang ditanamkan dalam kesehariannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan pada anak asuh di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadyah Kota Kediri. 2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadiyah Kota Kediri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa upaya pengasuh dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadiyah Kota Kediri adalah 1) Menanamkan nilai tauhid, nilai ibadah, dan nilai akhlak untuk anak asuh. 2) Metode yang digunakan dalam menanamkan nilainilai pendidikan Islam kepada anak asuh di Panti Asuhan Pesantren Putra Muhammadiyah Kota Kediri adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, hukuman dengan melakukan kegiatan-kegiatan diluar panti, baik kegiatan keagamaan maupun ekstra.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:49
Last Modified: 14 Feb 2023 03:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7688

Actions (login required)

View Item View Item