تأثير الثواب و العقاب لتشجيع تعلّم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الثانى بالمدرسة دار الإحسان المتوسطة الإسلامية فايامان عانجوك

Husniyah, Dakhilatul (2014) تأثير الثواب و العقاب لتشجيع تعلّم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الثانى بالمدرسة دار الإحسان المتوسطة الإسلامية فايامان عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932503210 prabab.pdf

Download (480kB)
[img] Text
932503210 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
932503210 dp.pdf

Download (178kB)

Abstract

Kebanyakan siswa sering tidak fokus pada pelajaran, untuk itu diperlukan cara yang sesuai dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun salah satu cara pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Arab Mts Darul Ihsan Payaman Nganjuk, adalah reward dan punishment, dengan menerapkan reward dan punishment diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena dengan reward akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dengan diberikan punishment ini diharapkan dapat menertibkan siswa yang mengganggu dalam proses belajar mengajar. Kedua cara ini dapat menimbulkan motivasi sehingga siswa akan antusias dalam belajar bahasa Arab. Dalam kegiatan belajar mengajar memang sangat penting diterapkan reward dan punishment sebagai salah satu cara pembelajaran. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi bahasa Arab kelas 2 di MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas 2 di MTs Darul Ihsan yang berjumlah 52 siswa. Instrumen dan metode yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda digunakan untuk analisis dengan dua variabel X dan Y secara bersama-sama. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu penerapan reward, punishment di MTs Darul Ihsan tergolong cukup yaitu reward di dapat dari mean 52,98 dan punishment di dapat dari mean 50,48 dan motivasi belajar di dapat dari mean 70,73. Dan hasilnya antara reward punishment terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,593, jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar 59,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:33
Last Modified: 02 Feb 2023 04:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7620

Actions (login required)

View Item View Item