Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa SMK Sunan Pandanaran Boja Kendal Jawa Tengah

ARWANI, MOH (2022) Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa SMK Sunan Pandanaran Boja Kendal Jawa Tengah. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101820021_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101820021_bab1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
92101820021_bab2.pdf

Download (560kB)
[img] Text
92101820021_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
92101820021_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
92101820021_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
92101820021_bab6.pdf

Download (151kB)
[img] Text
92101820021_daftarpustka.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena saat ini yang semakin banyak generasi pecinta dan penghafal Qur’an yang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan memelihara kesucian al-Qur’an. Keberhasilan dalam menghafalkan Qur’an tentunya tidak terlepas juga dari upaya yang dilakukan guru PAI. Maka dari pada itu sangat penting bagi guru PAI untuk terus berupaya untuk meningkatkan pelaksanaan menghafal al-Qur’an. Sehingga dapat membantu peserta didik dalam menghafalkan al-Qur’an dengan baik dan mudah. Fokus penelitian dalam penyusunan tesis ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan hafalan al-Qur’an siswa di SMK Sunan Pandanaran? (2) Bagaimanakah hambatan dalam menghafal al-Qur’an siswa di SMK Sunan Pandanaran? (3) Bagaimanakah upaya guru PAI dalam meningkatkan pelaksanaan menghafal al-Qur’an siswa di SMK Sunan Pandanaran? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan pelaksanaan menghafal al-Qur’an pada siswa di SMK Sunan Pandanaran (2) Menjelaskan hambatan guru PAI dalam meningkatkan pelaksanaan menghafal al-Qur’an pada siswa di SMK Sunan Pandanaran (3) Menjelaskan Upaya Guru PAI mengatasi hambatan dalam meningkatkan pelaksanaan menghafal al-Qur’an pada siswa di SMK Sunan Pandanaran. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Sunan Pandanaran. Subjek penelitian adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, dan siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan model alir oleh Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan / verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan ketekunan atau keaktifan peneliti. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian adalah: 1. Pelaksanaan hafalan al-Qur’an siswa SMK Sunan Pandanaran adalah a. Program hafalan di SMK Sunan Pandanaran adalah 1). Program Mingguan 2). Program Bulanan 3). Program Tahunan b. Metode hafalan di SMK Sunan Pandanaran adalah 1. Tahfidz binadzar 2. Takrir/Muroja’ah 3. Talaqqi. 2. Hambatan dalam menghafal al-Qur’an di SMK Sunan Pandanaran a. Pelaksanaan menghafal anak yang tidak sama b. Kurangnya motivasi siswa c. Adanya rasa malas pada siswa d. Alokasi Waktu. 3. Upaya Guru PAI dalam meningkatkan pelaksanaan menghafal al-Qur’an siswa SMK. a. memberikan motivasi pada siswa b. memberi tugas dan hukuman pada siswa c. membimbing siswa dan siswi untuk tetap muroja’ah d. menggunakan metode yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Arwani
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:16
Last Modified: 24 Jan 2023 06:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7544

Actions (login required)

View Item View Item