Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 MIN 3 Kediri

Kamalia,, Izza (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 MIN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932610218_prabab.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932610218_bab1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932610218_bab2.pdf

Download (574kB)
[img] Text
932610218_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
932610218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
932610218_bab5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
932610218_daftarpustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932610218_suratpernyataan.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Kamalia, Izza. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Ppt Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iv-B Min 3 Kediris, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negri Kediri. Pembimbing (1) Moh. Zainal Fanani, M. Pd. I dan (2) Choiru Umatin, M. Pd Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, PPT Interaktif, Minat Belajar Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang ada sangat berdampak terhadap minat belajar peserta didik. penggunaan media pembelajaran yang monoton juga akan membuat peserta didik menjadi cepat bosan, sehingga sulit untuk mereka fokus kepada penjelasan dari guru. Peningkatan minat belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara penggunaan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran ini bisa berupa media interaktif. Salah satunya yaitu Powerpoint Interaktif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Multimedia dengan menggunakan Powerpoint Interaktif guna untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian research and Develompment (R&D) dengan model penelitian Lee Owens yang memiliki lima tahapan perkembangan yaitu (1) tahap analisis kebutuhan dan analisis awal akhir, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implemestasi, (5) Evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Kediri dengan mengambil kelas IV-B. Berdasarkan hasil validasi kelayakan media pembelajaran PowerPoint Interaktif oleh ahli media yaiti sebesar 78,75% yang artinya media layak digunakan. Kemudian dari hasil validasi ahli materi sebesar 92,5% yang artinya media tersebut sangat layak untuk digunakan. Sedangkan presentase dari angket minat belajar peserta didik 86,42% yang berarti sangat minat, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Powerpoint Interaktif dapat membuat peserta didik minat terhadap pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izza Kamalia
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:01
Last Modified: 19 Jan 2023 07:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7526

Actions (login required)

View Item View Item