Nailatun, Inani (2023) Tradisi Pembacaan Surah Al Waqi'ah Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933806318_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933806318_bab1.pdf Download (513kB) |
|
Text
933806318_bab2.pdf Download (536kB) |
|
Text
933806318_bab3.pdf Download (265kB) |
|
Text
933806318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
933806318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
Text
933806318_bab6.pdf Download (192kB) |
|
Text
933806318_daftarpustaka.pdf Download (372kB) |
|
Text
933806318_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nailatun Ni‟mah, Inani. Dosen Pembimbing Hasan Basri M.Ag dan Kholila Mukaromah S.Th.I, M.Hum, Tradisi Pembacaan surah al-Wa>qiah (Studi Living Qur‟an) di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad Cilacap, Skripsi, Program Studi Ilmu al-Qur‟an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. 2022 Kata kunci: Living Qur‟an, al-Wa>qiah , Fungsionalisme, Pon-Pes Tarbiyatul Aulaad. Umat Islam banyak yang menjadikan al-Qur‟an tidak hanya sebagai bahan bacaan saja melainkan juga melahirkan sebuah tradisi yang sangat beragam dengan tujuan yang berbeda-beda. Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad Cilacap merupakan salah satu pondok yang memiliki sebuah tradisi living Qur‟an. Tradisi tersebut ialah pembacaan surah al-Wa>qiah yang dibaca sebanyak empat belas kali setiap setelah s}ala>t asar. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 1999-an dan masih berjalan hingga sampai saat ini. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi pembahasan yakni pada dua poin saja yakni tentang bagaimana prosesi pelaksanaan pembacaan surah al-Wa>qiah di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad Cilcap serta apa yang menjadi tujuan diadakannya tradisi tersebut. Untuk mengurai data yang berkaitan dengan hal tersebut peneliti mengambil metode kualitatif, yaitu memaparkan data lapangan dalam bentuk deskripsi menurut bahasa, cara pandang, dan subjek penelitian. Peneliti menggunakan tiga metode dalam proses pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis datanya penelitian ini menggunakan teori dari Emile Durkheim yakni Fungsionalisme. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan tradisi pembacaan surah al-Wa>qiah di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulaad Cilacap menunjukan bahwa Pertama, tradisi pembacaan surah al-Wa>qiah dilakukan setiap hari setelah s}ala>t asar sebanyak empat belas kali, tradisi ini diawali dengan tawasul yang dipimpin oleh pengasuh kemudian dilanjutkan membaca surah al-Wa>qiah sebanyak empat belas kali dan di akhiri dengan doa. Kedua antara tujuan dari pembacaan surah ini adalah untuk melancarkan rezeki, ikhtiar untuk melancarkan bacaan al-Qur‟an, bentuk ta’d>hi>m santri dan nderek dawuh guru, sebagai bentuk pendisplinan santri, untuk mendapatkan pahala, meningkatkan keistiqahaman santri, serta meningkatkan pemahaman santri terhadap surah al-Wa>qiah . Tradisi ini merupakan kegiatan keagamaan yang lahir dari rasa solidaritas dan faktor kesadaran antara komunitas dalam suatu masyarakat khususnya dalam lingkup pesantren yakni antara pengasuh pondok dan santri. Dengan menilik kepada tujuan tradisi ini, komunitas dalam pesantren ini memiliki keyakinan bahwa para pembaca surah al-Wa>qiah akan memperoleh kemanfaatan atas fungsi dari diadakannya tradisi teresbut serta untuk menunjang nilai keagamaan dan norma-norma dalam pesantren.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Inani Nailatun Ni'mah |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:28 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7401 |
Actions (login required)
View Item |