Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 1 Magelang

Fitriyani, Hidayatul (2022) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 1 Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932400718_prabab.pdf

Download (488kB)
[img] Text
932400718_bab1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932400718_bab2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932400718_bab3.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932400718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
932400718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
932400718_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932400718_daftarpustaka.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932400718_suratpernyataan.pdf

Download (329kB)

Abstract

Mutu lulusan yang rendah dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti lulusan tidak bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, tidak bisa bergaul dengan masyarakat dan tidak produktif. Lulusan yang tidak berproduktif ini hanya akan menjadi beban masyarakat, serta kemungkinan bisa menjadi warga yang tersisih dari masyarakat. Banyaknya masalah tersebut menjadikan mutu pendidikan sangatlah berperan penting. Manajemen peserta didik merupakan bagian dari manajemen pendidikan yang sangat penting sekali untuk diperhatikan dalam meningkatkan kualitas output atau lulusan sebuah lembaga pendidikan. Sehingga fenomena tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat penelitian yang membahas tentang Manajemen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Magelang. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat megetahui 1) perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Magelang 2) pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Magelang 3) evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, hasil dari penelitian kualitatif adalah data deskripstif dan jenis penelitian ini adalah studi khasus dimana data diperoleh secara itensif dan terperinci. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana, Waka Humas dan Keislaman, Guru, Peserta Didik yang berkaitan dengan manajemen peserta didik. Analisis data diperoleh dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan terbagi menjadi 3 tahapan sebagai berikut: 1) perencanaan manajemen peserta didik, dalam tahap ini terdapat analisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik. 2) pelaksanaan manajemen peserta didik, dalam tahap ini terdapat layanan akademik, layanan akademik, dan pembinaan kedisiplinan. 3) evaluasi manajemen peserta didik, dalam tahap ini terdapat proses seleksi hasil, pencatatan dan pelaporan, kelulusan dan alumni.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hidayatul Fitriyani
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:15
Last Modified: 17 Jan 2023 08:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7036

Actions (login required)

View Item View Item