Fadhila, Adinda Dita (2022) Peran Kegiatan Membaca Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X Di MAN 2 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932114918_prabab.pdf Download (877kB) |
|
Text
932114918_bab1.pdf Download (281kB) |
|
Text
932114918_bab2.pdf Download (275kB) |
|
Text
932114918_bab3.pdf Download (91kB) |
|
Text
932114918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
932114918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
932114918_bab6.pdf Download (71kB) |
|
Text
932114918_daftar pustaka.pdf Download (213kB) |
|
Text
932114918_suratpernyataan.pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK ADINDA DITA FADHILA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Anwar, M.Ag dan Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si. Peran Kegiatan Membaca Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X di MAN 2 Mojokerto, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Peran Kegiatan Membaca Al-Qur’an, Meningkatkan, Akhlak Pendidikan sangat penting bagi setiap manusia, pendidikan juga sebagai pondasi awal bagi setiap individu manusia dalam mengarahkan kepada kebaikan, terlebih bagi pendidikan ilmu agama. Pendidikan agama merupakan suatu hal penting yang harus dilaksanakan dan diajarkan kepada umat Islam khususnya kepada anak-anak didik, agar sedini mungkin mereka mendapatkan pegangan atau aturan untuk menjadikan ketauladanan kedalam hatinya agar mereka beriman dan berakhlak mulia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana peranan kegiatan membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak siswa (2) Apa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak siswa. Metode dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan creadibility, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kegiatan membaca al-qur’an merupakan upaya yang digunakan untuk mempertahankan, melestarikan, dan menyempurnakan (akhlak) umat manusia agar mereka tetap beriman kepada Allah SWT. Peran kegiatan membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak siswa diantaranya yaitu menjadikan siswa terbiasa dan istiqomah menjalankan kegiatan membaca Al-Qur’an, mencerminkan akhlak yang baik dengan sesama teman, sopan santun terhadap guru baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, menjadikan anak disiplin dalam membaca AlQur’an. Sedangkan faktor pendukung kegiatan membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu, adanya dukungan dan didikan dari guru dan juga orang tua, sarana prasarana yang memadai, waktu pelaksanaan yang efektif. Faktor penghambatnya dibagi menjadi dua, faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu kurangnya niat, muncul rasa malas, kurangnya rasa percaya diri, faktor eksternal yaitu adanya pengaruh dari handphone, pengaruh dari ajakan teman.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adinda DIta Fadhila |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 07:38 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7033 |
Actions (login required)
View Item |