Rosvandiana, Widyani Rahma (2022) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur'an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130918_prabab.pdf Download (716kB) |
|
Text
932130918_bab1.pdf Download (409kB) |
|
Text
932130918_bab2.pdf Download (708kB) |
|
Text
932130918_bab3.pdf Download (334kB) |
|
Text
932130918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text
932130918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
Text
932130918_bab6.pdf Download (289kB) |
|
Text
932130918_daftarpustaka.pdf Download (411kB) |
|
Text
932130918_suratpernyataan.pdf Download (310kB) |
Abstract
ABSTRAK WIDYANI RAHMA ROSVANDIANA, Dosen pembimbing Dr. H. Ali Anwar, M.Ag dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd : Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: tahfidz Al-Qur’an, karakter religius Pendidikan karakter dapat dibentuk melalui beberapa faktor diantaranya ekstrakurikuler. Dengan adanya ekstrakurikuler diharapkan dapat mengatasi penurunan karakter tersebut. Oleh karena itu perlu dipahami secara mendalam peran ekstrakurikuler tahfidz dalam meningkatkan karakter religius siswa. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui metode yang dilakukan di SMAN 1 Prambon dalam kegiatan ekstrakurikuler, (2) mengetahui peran ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan adalah guru Pembina tahfidz dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tahfidz. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an di SMAN 1 Prambon berjalan dengan baik, terbukti dengan adanya: 1) Metode yang digunakan dalam kegiatan tahfidz adalah metode tradisional (metode tahfidz yang sering dilaksanakan di pondok pesantren). 2) Tahfidz Al-Qur’an memiliki peran dalam meningkatkan karakter religius, hal ini sesuai dengan nilai-nilai karakter religius yaitu lebih sering membaca Al-Qur’an, lebih khusyu’ dalam melaksanakan sholat, disiplin, tanggung jawab, dan berperilaku sopan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widyani Rahma Rosvandiana |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 08:39 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 08:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7028 |
Actions (login required)
View Item |