Fitria, Fitria (2022) Peran TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di TPQ Nurul Hikmah Dusun Gendongan Desa Sekar Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132117 _prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932132117 _bab1.pdf Download (704kB) |
|
Text
932132117 _bab2.pdf Download (949kB) |
|
Text
932132117 _bab3.pdf Download (600kB) |
|
Text
932132117 _bab3.pdf Download (600kB) |
|
Text
932132117 _bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
|
Text
932132117 _bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
Text
932132117 _bab6.pdf Download (370kB) |
|
Text
932132117 _daftarpustaka.pdf Download (465kB) |
|
Text
932132117 _lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap TPQ Nurul Hikmah adalah satu-satunya lembaga pendidikan Al-Qur’an atau taman pendidikan Al-Qur’an yang ada di Dusun Gendongan, Desa Sekar, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro yang ingin memajukan diri untuk meningkatkan kualitas, sarana prasarana, dan pengelolaan TPQ. Dan para orang tua lebih memilih TPQ Nurul Hikmah sebagai tempat belajar membaca Al-Qur’an dengan alasan ingin anaknya pandai membaca Al-Qur’an, dan berakhlakul karimah. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana fungsi TPQ dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Nurul Hikmah, (2) Metode apa yang digunakan para ustad/ustadzah dalam melakukan pembelajaran Al- Qur’an di TPQ Nurul Hikmah, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Hikmah Dusun Gendongan Desa Sekar Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif, dengan menggunakan kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan pengamatan yang tekun dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Peranan yang dilakukan taman pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an. Adapun materi pokok yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid dan materi penunjang diantaranya, Tata cara wudhu dan sholat fardhu 5 waktu yang baik dan benar, hafalan bacaan sholat,dan mengkaji kitab-kitab dasar. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dalam meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Nurul Hikmah difaktori dari berbagai hal baik faktor internal maupun faktor eksternal seperti rendahnya motivasi anak, serta anak-anak yang masih senang bermain sehingga fokus untuk belajar masih kurang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitria Fitria |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 07:01 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |